Tips Mengelola Uang Bagi Single Parent

Posted on

tips mengelola uang bagi single parent

Ada sejumlah faktor yang dipertimbangkan dalam mengelola uang. Setiap orang memiliki kondisi dan prioritas berbeda dalam mengelola keuangannya, termasuk orangtua tunggal dengan anak-anak yang hanya memiliki satu sumber pendapatan. Orangtua tunggal umumnya tidak memiliki pendapatan dari sumber lain selain dari pekerjaan mereka sendiri. Oleh karena itu, orangtua tunggal harus pintar-pintar menata keuangan agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Biasanya, ibu membayar tagihan dan ayah yang bekerja. Namun orangtua tunggal harus melakukan semua itu sendiri, dari bekerja, mengelola keuangan, sampai memikirkan masa depan anak-anak. Apabila Anda termasuk seorang single parent, berikut 6 hal penting yang dapat dilakukan untuk membantu Anda dalam mengelola uang:

Tentukan Anggaran Setiap Bulan

Setiap orang pasti memiliki anggaran untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebaiknya buat pos-pos pengeluaran berdasarkan dana yang masuk (gaji atau penghasilan lain) untuk setiap kebutuhan rumah tangga. Buat anggaran yang realistis, dan diskusikan secara terbuka dengan anak. Berikan juga alasan kepada anak mengapa mereka tidak bisa berbelanja seleluasa ketika masih ada ayahnya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Anda harus membayar setiap tagihan tepat waktu karena jika tidak, Anda akan didenda. Jadi, pastikan Anda selalu ingat kapan harus membayar tagihan seperti listrik, air, kartu kredit, dll. Setel pengingat agar tidak lupa untuk melakukan pembayaran. Misalnya, Anda memiliki kartu kredit Citibank yang jatuh tempo tanggal 20. Setelah gajian sisihkan langsung uang untuk membayar tagihannya. Dengan begitu, Anda tidak dikenai denda keterlambatan.

Menabung dan Menabung

Sebaiknya setiap orang memiliki simpanan atau dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendadak, misalnya untuk biaya kesehatan, biaya tambahan pendidikan, dan biaya tak terduga lainnya. Banyak ibu tunggal yang biasanya belum tahu tujuan awal menabung, sehingga banyak berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang dianggap lebih berpengalaman. Lebih baik, mulai menyimpan uang dari sekian persen pendapatan sesuai kemampuan dan menambah jumlahnya dari waktu ke waktu.

Jangan Lupakan Asuransi

Setiap orangtua tunggal sebaiknya memiliki polis asuransi yang tepat bagi dirinya dan anak-anak. Asuransi yang perlu dimiliki adalah asuransi jiwa, sehingga ada dana yang bisa digunakan bagi pengganti Anda untuk mengurus anak-anak jika terjadi kematian. Selain itu, sebaiknya Anda juga membeli asuransi kesehatan dan pendidikan, agar gaji yang telah Anda kumpulkan bertahun-tahun tidak habis hanya untuk membiayai perawatan medis, dan supaya Anda mampu menyiapkan pendidikan anak dengan baik tanpa terhalang biaya pendidikan yang semakin naik.

Buat Rencana Keuangan

Sangat penting untuk para orangtua tunggal memiliki rincian keuangan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Bahkan belanja dan liburan pun bisa Anda rencanakan secara khusus, sehingga tidak menyita dana yang tersedia untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaatkan juga promo kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, jika ada promo kartu kredit Citibank di supermarket, maka tak ada salahnya menggunakan untuk membeli kebutuhan buah hati.

Berkonsultasilah!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penasehat keuangan profesional untuk mengelola keuangan Anda. Seorang konsultan akan membantu menentukan apa yang dibutuhkan dan memberikan pilihan tentang cara mengalokasikan dana sesuai kemampuan Anda. Konsultan tentunya bisa membantu menciptakan jalur yang memudahkan Anda untuk mendapatkan kesuksesan finansial.

Meminimalkan biaya dengan mengikuti tips-tips di atas akan membuat Anda menjadi seorang single parent bahagia yang bisa mengelola keuangan dengan baik.

2 thoughts on “Tips Mengelola Uang Bagi Single Parent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *