Tips Merawat Kulkas Secara Mudah dan Sederhana

Posted on

Tips Merawat Kulkas

Tips Mudah Merawat Kulkas. Anda punya kulkas (lemari pendingin) di rumah? Sudah pasti memilikinya yah, apalagi jika tinggal di perkotaan yang udaranya panas. Saya sendiri baru saja bisa membelinya, dengan uang dari penjualan hasil panen padi. Meskipun kulkas yang saya beli tidaklah sebagus Mitsubishi Electric Folio JX dan BX.

Barang elektronik kulkas ini perlu dirawat agar tidak cepat rusak dan dapat dipakai selama mungkin. Merawat kulkas sebenarnya sederhana dan mudah untuk dilakukan, semudah merawat kulit. Melalui perawatan, listrik pun bisa dihemat karena kondisi kulkas tersebut masih prima.

Memiliki kulkas dengan kondisi yang baik akan mengurangi pengeluaran rumah tangga dalam pembelian barang-barang elektronik karena kulkas yang dirawat dengan baik akan awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa tips merawat kulkas yang ditulis oleh teman saya, Fadli Firmansyah. Silahkan disimak.

9 Tips Merawat Kulkas

Dikutip dari Hometekno.com, ada beberapa cara untuk merawat kulkas secara berkala dengan mudah dan sederhana. Berikut ini 9 hal penting yang harus dilakukan agar kulkas tidak cepat rusak :

1. Isi Kulkas Secukupnya
Sebaiknya Anda isi kulkas sesuai dengan kapasitasnya karena jika terlalu banyak barang di dalamnya maka akan merusak rak-raknya dan tempat lainnya. Terutama barang-barang yang berbobot berat.

2. Simpan Air Minum Bersuhu Normal
Jika ingin menyimpan air minum, usahakan suhunya jangan yang masih panas karena dapat merusak mesin pendingin kulkas tersebut.

3. Bersihkan Kulkas dengan Spons
Pakailah air hangat yang dicampur dengan sabun cuci piring dan spons berbahan lembut untuk membersihkan kulkas Anda.

4. Selalu Menutup Pintu Kulkas
Hal sepele yang kadang dilupakan yaitu menutup rapat pintu kulkas agar menghemat listrik. Biasanya jika tidak tertutup rapat maka lampu di dalam kulkas akan tetap menyala dan mesin pendingin akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan sehingga menambah daya listrik yang dikeluarkan.

5. Taruh Kulkas Jauh dari Sumber Panas
Sudah jelas harus dijauhkan dari sumber panas seperti kompor gas agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan misal meledaknya kompor atau kulkas.

6. Beri Ruang Antara Kulkas dengan Dinding
Usahakan jarak antara dinding dengan kulkas sebesar minimal 15-20 cm untuk menjaga agar mesin kulkas tidak mengalami kepanasan karena dekatnya dengan dinding karena dinding dapat memantulkan panas.

7. Bersihkan Kondensor
Untuk melepaskan panas dengan baik, bersihkan kondensor dari kotoran dan debu yang terletak di belakang kulkas secara berkala.

8. Bersihkan bagian Freezer
Lelehkan bunga es yang terdapat dalam freezer. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan suhu kulkas secara optimal. Perlu diingat, jangan menggunakan pisau untuk membersihkannya karena dapat merusak bagian pelapisnya.

9. Atur Suhu
Usahakan jangan menyetel suhu terlalu rendah karena penggunaan listrik akan semakin boros. Tetapkan saja sesuai kebutuhan.

Nah, tips cara merawat kulkas secara mudah dan sederhana diatas dapat Anda lakukan sendiri sehingga tidak terlalu menggangu waktu Anda. Pembersihan kulkas secara berkala perlu diperhatikan secara seksama. Usahakan konsisten sehingga akan membuat kulkas Anda lebih awet dan tidak cepat rusak.

9 thoughts on “Tips Merawat Kulkas Secara Mudah dan Sederhana

  1. sangat penting penjagaan peti sejuk(nama malaysia) ini supaya boleh bertahan lama dan digunakan dengan maksima memandangkan harganya agak mahal. juga terima kasih backilink kang dadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *