Tradisi Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Posted on

Tradisi Ngabuburit

Setiap bulan Ramadhan, di Indonesia terdapat satu tradisi yang telah menjadi budaya sebagian besar masyarakat Muslim Indonesia, yaitu ngabuburit. Ngabuburit merupakan isitilah yang berasal dari bahasa Sunda (suku di Jawa Barat), ngabuburit asal kata dari “burit” yang berarti sore hari menjelang malam.

Jadi tradisi ngabuburit di bulan Ramadhan adalah menunggu atau menghabiskan waktu menjelang Maghrib atau berbuka puasa. Kadang oleh sebagian kalangan, ngabuburit dilakukan semata untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga di sore hari di bulan puasa.

Di Indonesia tradisi ngabuburit sudah sangat populer, sehingga tak sedikit pejabat, konglomerat, selebritis sampai masyarakat biasa melakukannya dengan aktifitas ala mereka masing-masing. Beragam aktifitas yang dilakukan orang dalam rangka ngabuburit ini, misalnya jalan-jalan, menonton televisi, main game, online di jejaring sosial, belanja untuk menu takjil dan aktifitas lainnya.

Sebenarnya waktu ngabuburit itu adalah waktu yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan ibadah Ramadhan. Jadi, alangkah baik dan indahnya apabila waktu ngabuburit tersebut diisi dengan kegiatan positif terkait dengan ibadah kepada Allah SWT, seperti membaca Al-Quran, menghadiri majlis taklim atau dzikir dan lain sebagainya.

Nah, adakah tradisi ngabuburit di daerah Anda? Jika ada, kegiatan apa saja yang dilakukan saat ngabuburit?

17 thoughts on “Tradisi Ngabuburit di Bulan Ramadhan

  1. kalau ditempat saya, banyak yang menunggu beduk berbuka sambil mancing…. Saya sendiri lebih cenderung gunakan waktu untuk bermain dengan si Bungsu

  2. Ngabuburit ala keluarga kecilku adalah main game untuk Faiz, aku masak sedangkan suamiku kerjaaaa…hehee

    Kalau keluarga besarku biasanya kumpul bareng, bahas hal yang berkaitan dengan agama, tukar pikiran…duuuung, bukaaaaa…

    tadarusan oke juga lho…untuk ngabuburit, 😉

    Hehee.

    Salam
    Astin

  3. satu amalan yang baik dan menarik.
    di malaysia biasanya menunggu waktu berbuka biasanya dihabiskan dengan menonton tv atau berbual kosong dengan kawan/keluarga.

    ada juga segelintir yang masih berada di bazar ramadhan mencari juadah berbuka.

    terima kasih berkongsi cerita menarik ni

  4. Ngabuburit yang positif dan tidak mengarah yang merugikan orang disekitar kita juga bagus kan Kang, apa lagi di bulan Ramadhon ini selalu membuat artikel yang bagus sebagai shodaqoh kita. He,,,x9

    Salam wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *