Trik Irit Ala Ibu Rumah Tangga, Hemat Uang Belanja Bulanan

Posted on

Sebagai ‘wakil’ dari sang suami, seorang ibu rumah tangga tentunya dituntut memiliki skill mengelola uang belanja bulanan yang mumpuni. Namun ditengah melonjaknya berbagai harga kebutuhan pangan, seorang ibu mesti lebih selektif ketika menentukan anggaran belanja bulanan. Ya namanya juga seorang ibu rumah tangga, pasti muncul insting ‘keibuan’ sehingga mampu mencari solusinya dengan sangat baik. Bagi kamu yang ingin menghemat uang belanja bulanan, maka contohlah berbagai kebiasan yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga. Tenang saja, berikut ini kamu akan menemukan beberapa trik irit ala ibu rumah tangga, hemat uang belanja bulanan.

trik hemat uang belanja bulanan

• Anggarkan Secara Detail

Trik menghemat uang belanja bulanan ala ibu rumah tangga yang pertama yaitu menganggarkan budget sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya untuk kebutuhan dapur, maka kamu mesti fokus dan detail dalam menganggarkan budget untuk kebutuhan dapur. Setelah selesai dengan kebutuhan dapur, maka kamu bisa beralih pada kebutuhan lainnya misalnya seperti kebutuhan pendidikan, kebutuhan listrik, kebutuhan transportasi, dan lainnya. Nah tulis setiap kebutuhan tersebut dalam satu kolom khusus, jangan dicampurkan dengan kebutuhan lainnya.

• Ambil Semua Uang yang Ada di Rekening Bank

Seorang ibu rumah tangga terbiasa mengelola uang belanja bulanan dengan uang tunai, bukan uang elektronik. Nah agar lebih efektif dalam mengelola uang belanja, ambil semua uang yang ada dalam rekening bank. Misalnya kamu baru gajian, maka langsung tarik tunai semua uang yang ada dalam rekening, baru deh kamu bisa mengelolanya. Menyimpan uang di rekening bank memang bermanfaat agar uang tetap aman, namun kekurangannya yaitu kita jadi tidak bisa mengontrol setiap uang yang keluar dan juga masuk.

• Menentukan Target

Ibu rumah tangga sangat jago dalam menentukan target finansial tertentu. Nah kamu pun mesti seperti itu pula, sebisa mungkin kamu menentukan target short-term maupun long-term. Misalnya kamu menentukan target tabungan bulanan sebesar Rp.1.000.000, maka sudah barang tentu, target tahunan kamu mencapai Rp.12.000.000. Atau kamu bisa menentukan target long-term, misalnya mau naik haji dengan total budget Rp.50.000.000, maka selama 2-3 tahun, kamu melakukan efisisensi total setiap bulannya.

• Belanja Online

‘Ibu zaman now’ memiliki kecendrungan baru yaitu belanja online. Jadi apapun kebutuhannya, ibu rumah tangga biasanya mencarinya lewat online. Kamu pun mesti mencontoh kebiasaan ‘ibu zaman now’ ini. Banyak sekali poin plus yang bisa kamu dapatkan, salah satunya yaitu mendapatkan promo free ongkir. Salah satu marketplace yang bisa kamu masuki untuk mendapatkan free ongkir ini yaitu Tokopedia. Dengan Tokopedia free ongkir ini, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan tanpa perlu biaya ongkos kirim. Segera dapatkan promo Tokopedia free ongkir ini, dan kamu pun bisa menghemat uang belanja bulanan hingga level maksimal.

• Simpan Uang Koin

Bagi mereka yang masih lajang, uang koin terkadang sering disepelekan, bahkan dibuang jika nominalnya sedikit. Berbeda dengan ibu rumah tangga, dimana mereka tak akan pernah rela kehilangan satu koin pun. Kamu mesti mencontoh kebiasaan baik tersebut, jangan sembarangan membuang uang koin! Uang koin yang dikumpulkan tentunya bisa menjadi backup dana jika kebetulan budget uang belanja sedang tipis-tipisnya. Tak hanya itu, uang koin ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti bayar parkir, memberi uang pengamen, uang jajan anak, dan lainnya. Tentu kamu memerlukan celengan agar bisa menyimpan uang koin ini.

• Membawa Daftar Belanjaan

Sebelum pergi ke supermarket atau mall, sebaiknya bawa daftar belanjaan, meskipun kamu belum menjadi ibu rumah tangga. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari yang namanya over-budget. Jadi saat di rumah, tulis berbagai kebutuhan yang akan dibeli, dan bawa catatan tersebut saat shopping. Jika kertas catatan terlalu old-school, kamu bisa menggunakan aplikasi administrasi yang bisa kamu unduh di smartphone kamu.

Meskipun kamu masih lajang, namun kamu mesti menerapkan berbagai trik hemat ala ibu rumah tangga diatas. Seorang ibu rumah tangga paham betul, bahwa mengelola finansial keluarga merupakan bagian dari perjuangan untuk mencapai kehidupan yang lebih bahagia.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.