Trik Menghitung dan Menentukan Harga Rumah

Posted on

Menentukan harga rumah memang gampang-gampang susah. Terjadi kesalahan sedikit saja bisa rugi atau sulit menjual rumahnya. Apalagi sekarang ini banyak sekali rumah KPR yang bisa dibeli dengan cicilan terjangkau yang membuat seseorang lebih suka rumah baru daripada membeli rumah bekas. Tapi, masih tak sedikit juga yang lebih menyukai rumah bekas kok. Terutama jika tahu rumah tersebut letaknya strategis dan bisa untuk tempat usaha.

menghitung dan menentukan harga rumah

Apabila Anda ingin menjual rumah, penentuan harga rumah sangat penting dilakukan. Bagi yang belum berpengalaman dan bukan agen properti pasti bingung nilai jual rumahnya. Ketahuilah cara menghitung harga rumah bekas supaya cepat laku dan untung seperti di bawah ini!

Luas tanah dan rumah

Pertama, perhatikan luas tanah dari rumah dijual di Depok. Luas tanah berbeda dengan luas rumah dan berpengaruh terhadap nilai jualnya. Walaupun luas rumah tidak luas, tapi tanahnya cukup luas harganya bisa lebih tinggi. Selain itu, luas rumah juga menentukan harga rumah. Semakin luas rumah dan tanahnya maka, semakin tinggi harga jualnya.

Lokasi

Apabila rumah dijual di Bandung letaknya didaerah yang strategis, nilai jualnya akan tinggi. Berbeda dengan nilai jual rumah di pinggiran kota atau desa. Kedekatan dengan fasilitas umum juga mempengaruhi harga jual rumah. Seperti dekat dengan sekolah favorit, pasar, rumah sakit, terminal dan lain sebagainya. Rumah yang berada di pinggir jalan raya umumnya pun mempunyai harga yang sangat tinggi.

Legalitas

Keberadaan surat-surat rumah sangat penting. Sebelum Anda memasarkan rumah dijual di Surabaya, sebaiknya lengkapi dulu dokumen rumah seperti sertifikat rumah, akta jual beli dan sebagainya. Sebab, sebagian besar orang tidak ingin mempunyai masalah setelah proses jual beli rumah.

Kondisi rumah

Semakin bagus rumahnya, nilai jualnya semakin tinggi pula. Calon pembeli akan melihat seluruh isi dan penampilan rumah. Tariklah minat calon pembeli dari penampilan rumah, poles rumah Anda supaya tampil menawan dengan perpaduan warna yang selaras. Kerapian rumah juga bisa memberikan efek nyaman pada setiap orang yang berkunjung.

Harga jual rumah dapat ditentukan melalui perhitungan berdasarkan NJOP. Kebanyakan para agen mematok harga dengan 2 – 3 kali NJOP nya. Misalnya :

  • Ukuran tanah : 7 m x 10 m
  • Ukuran bangunan : 7m x 8 m
  • Harga pasaran tanah : Rp 1.000.000/m²
  • Harga bangunan : Rp 2.500.000/m²

Maka, perhitungannya :

  • Nilai tanah : 70 m² x Rp 1.000.000,- = Rp 70.000.000,-
  • Nilai bangunan : 56 m² x Rp 2.500.000,- = Rp 140.000.000,-
  • Jumlah harga rumah dan tanahnya : Rp 70.000.000,- + Rp 140.000.000,- = Rp 210.000.000,-
Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *