Tuntut Ilmu Hingga Ke Negeri Paman Sam

Posted on

Mendapatkan beasiswa S2, pasti semua lulusan S1 menginginkannya. Bahkan, mereka yang belum lulus pun tidak jarang sudah ancang-ancang mengajukannya. Sehingga, setelah lulus, tanpa harus menunggu lama bisa langsung melanjutkan pendidikannya.

Dari berbagai beasiswa yang ditawarkan banyak universitas baik dalam maupun luar negeri, untuk S2 kebanyakan dipilih di luar negeri. Dari sekian banyak alasan kenapa beasiswa pendidikan atau kuliah di luar negeri banyak dicari dan dipilih, mencari pengalaman menjadi salah satu alasan utamanya. Merasakan tinggal di negeri orang agar lebih mandiri, belajar budaya baru, dan tentu saja merasakan pengalaman baru dalam menimba ilmu dengan pola mengajar yang berbeda.

beasiswa universitas terbaik di amerika

Daftar Universitas Terbaik di Amerika Serikat

Amerika Serikat sendiri menjadi salah satu negara yang banyak dipilih sebagai negara tujuan untuk melanjutkan S2 tersebut. Jika kamu, juga berniat mencari beasiswa di sana, kamu bisa mempertimbangkan 5 universitas terbaik di Amerika berikut ini sebagai pilihan universitasnya.

Brown University menjadi universitas terbaik pertama pendidikan di Amerika. Kurikulumnya terkenal fleksible dan merupakan universitas yang disebut paling liberal. Tanpa beasiswa, biaya pendidikan di sini untuk per semesternya mencapai Rp. 616.000.000.

Walaupun ada di tempat kedua, namun nama Columbia University lebih dikenal dibandingkan Brown University. Lokasinya yang berada di Manhattan, di tengah kota merupakan lokasi strategis yang akan memudahkan kita saat tinggal di sana. Namun, dibandingkan Brown University, biaya per semester kuliahnya lebih tinggi yaitu mencapai Rp. 638.000.000. Namun, jika kita menggunakan beasiswa, tentu bisa lebih ringan.

Universitas terbaik di dunia ketiga di Amerika merupakan universitas yang banyak melahirkan sarjana-sarjana berkualitas, yaitu Cornell University. Di kampus ini, struktur administrasinya lebih kompleks dibanding universitas terbaik yang ada di Amerika lainnya. Tidak ada salahnya mencoba mengajukan beasiswa ke kampus ini jika kamu merasa siap dan mampu. Salah satu daya tarik yang ditawarkan kampus ini adalah pemandangan Danau Cayuga.

Jika ingin universitas yang berada di Hanover, sebuah kota tua di New Hampshire, kamu bisa memilih Dartmouth College. Kotanya klasik dan asri, hijau. Biasanya, mereka yang memilih universitas ini adalah mereka yang memilih jurusan seni. Suasana kota dan kampusnya sangat mendukung mereka yang ingin mencari inspirasi dan ide-ide baru yang brilian untuk kemudian dikembangkan sebagai sebuah karya.

Terakhir, universitas kelima terbaik yang mampu membuat kamu betah kuliah di Amerika adalah Duke University. Untuk penelitian, selain lengkap fasilitasnya juga sudah sangat modern. Selain S2, kamu juga bisa mengajukan beasiswa S3 di sini khususnya untuk bidang kedokteran. Namun, tentu seleksinya sangat ketat, sehingga persiapan yang kamu lakukan pun harus sangat matang dan siap.

Semoga bisa masuk ke universitas impian kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *