Wisata Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya

Posted on

Wisata Menara Masjid Al-Akbar Surabaya

Siapa yang tak kenal Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Alhamdulillah untuk kali pertama sepanjang hidup saya bisa mengunjungi kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan, dan juga menikmati sensasi Wisata Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS).

Naik Menara 99 Meter MAS, sebelumnya memang tidak ada dalam agenda rangkaian wisata rohani saya bersama dua sahabat di kota Surabaya pada akhir September lalu. Awalnya kami bertiga hanya bermaksud ziarah ke Makam Sunan Ampel untuk mengikuti pengajian akbar di sana, dan setelah itu pergi ke Mesjid dan Makam Syekh Kholil di Bangkalan Madura.

Namun sebelum pulang ke Tasikmalaya, kami menyempatkan diri untuk keliling kota Surabaya dan sekitarnya. Ketika itu kami ingin sekali berkunjung ke Sidoarjo untuk melihat hamparan lautan Lumpur Lapindo, karena waktu sholat Ashar telah tiba maka kami bertiga memutuskan untuk melaksanakan sholat berjamaah Ashar dulu, dan tempat yang dipilih untuk sholat adalah Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

Begitu selesai sholat Ashar, kami melihat orang-orang berkerumun di bawah menara masjid. Setelah dihampiri, kami baru tahu bahwa ternyata mereka akan naik menara Masjid Al-Akbar Surabaya. Hal itu dipertegas dengan adanya sebuah plang yang bertuliskan, WISATA MENARA 99 METER MASJID NASIONAL AL-AKBAR SURABAYA. Mumpung masih ada waktu, kami pun memutuskan untuk ikut menaiki menara tersebut.

Sensasi Wisata Menara 99 Meter MAS

Wisata Menara 99 Meter MAS dibuka setiap hari untuk umum, yaitu Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB dan Minggu pukul 07.00-16.00 WIB. Harga tiket untuk naik menara MAS terbilang sangat murah yakni Rp 5000/orang dan untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 3000/anak.

Wisata Mena Masjid Al-Akbar Surabaya

Untuk naik ke menara MAS menggunakan lift dengan kapasitas 550 kg (8 orang). Di atas menara 99 meter tersebut, kami dapat melihat kubah masjid yang besar berwarna paduan hijau toska dan biru, gedung-gedung sekeliling Masjid Al Akbar dan pemandangan kota Surabaya. Tak lupa kami pun mengabadikan pemandangan tersebut dengan jepretan kamera hp dan berpose bersama. Oh iya, di atas menara juga tersedia fasilitas kantin yang memadai, sehingga para pengujung bisa melihat pemandangan dari ketinggian dengan ditemani makanan ringan dan cemilan.

Itulah sekelumit cerita pengalaman Wisata Menara Masjid Al-Akbar Surabaya yang saya alami. Semoga di lain waktu bisa berkunjung kembali ke sana untuk melihat dan menikmati lokasi wisata Surabaya lainnya.

5 thoughts on “Wisata Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *