3 Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia

Posted on

Beberapa tahun terakhir, Pemerintah Indonesia sedang berjuang untuk membangun dan memperbaiki sarana infrastruktur yang ada di seluruh wilayah Indonesia, hal ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia ke seluruh pelosok tanah air. Salah satu yang banyak perubahan adalah moda transportasi darat andalan para warga Pulau Jawa yaitu Kereta Api. Kereta Api Indonesia (KAI) telah memperbaiki diri bukan hanya dari segi tampilan tapi juga segi pelayanannya seperti pesan tiket KAI yang semakin mudah karena bisa melalui website, jadi tidak perlu ribet-ribet antri seperti beberapa tahun silam. Selain itu, stasiun kereta yang dulunya terkesan kurang terawat, sekarang sudah dibenahi satu persatu, bahkan ada beberapa stasiun yang memiliki fasilitas terbaik dan mirip Bandara, lho! Diantaranya adalah:

1. Stasiun Gambir – Jakarta

Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
http://www.dakta.com/news/15244/mudik-lebaran-stasiun-gambir-tambah-jumlah-pemberangkatan-kereta

Merupakan Stasiun utama untuk kereta kelas Bisnis dan Eksekutif yang ada di Jakarta dan juga merupakan Stasiun Kereta tersibuk sejak awal dibangun pada tahun 1930-an. Stasiun ini dulunya bernama Stasiun Koninsplein sebelum adanya renovasi besar-besaran pada tahun 90-an. Stasiun ini memiliki 3 lantai, di lantai pertama kalian bisa menemukan loket, aula utama, atm center dan restoran serta minimarket, di lantai 2 ada kafetaria dan beberapa restoran makanan cepat saji, dan yang terakhir adalah lantai 3 yang merupakan bagian terpenting dari sebuah stasiun yaitu terdapat peron dan jalur kereta yang terdiri dari 4 jalur.

2. Stasiun Bandung

Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
https://blog.anekahotelmurah.com/hotel-dekat-stasiun-bandung/

Merupakan Stasiun terbesar yang ada di Kota Bandung dan menjadi Stasiun Terpadat terlebih lagi ketika akhir pekan. Stasiun Bandung berlokasi di Jalan Kebon Kawung atau lebih tepatnya berada di Pusat Kota Bandung. Stasiun ini sering dijuluki sebagai Stasiun Hall karena area bangunan yang luas menyerupai sebuah aula besar. Di stasiun ini kalian bisa menjumpai banyak lokomotif sedang parkir, karena Stasiun Bandung juga dilengkapi dengan sebuah dipo. Dipo merupakan tempat menyimpan, pemeriksaan, dan pemeliharaan untuk kereta lokomotif.

3. Stasiun Yogyakarta

Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
http://jalanjogja.com/stasiun-tugu/

Merupakan Stasiun yang memiliki desain interior cukup unik karena memiliki nuansa khas Jawa, dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Stasiun ini. Selain itu, jika kalian ingin ke Pasar Kembang, maka kalian tidak perluh susah-susah untuk keluar stasiun terlebih dahulu, karena stasiun ini sudah memiliki terowongan yang menghubungkan antara peron selatan dengan akses keluar via Pasar Kembang. Stasiun Yogyakarta terbilang cukup besar karena terdapat 6 jalur di dalamnya yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Peron Selatan dan Peron Utara.

Jadi, sudah pernah ke Stasiun yang mana? Percaya atau tidak stasiun-stasiun di Indonesia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan keadaannya beberapa tahun lalu, hal ini bukan hanya peran Pemerintah tapi juga peran dari para masyarakat yang menginginkan perubahan itu terjadi, peran masyarakat terkecil namun berdampak besar terhadap perubahan adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan stasiun saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.