4 Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Posted on

perencanaan keuangan keluarga

Keuangan dalam keluarga perlu diperhatikan sehingga akan mempunyai cukup uang untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya saja beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan keluarga ini adalah mempunyai pengeluaran yang tidak lebih besar daripada penghasilan yang didapatkan dari kalkulasi penghasilan keluarga. Sehingga hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Selain hal tersebut untuk perencanaan keuangan keluarga juga memerlukan beberapa tips yang mudah untuk dilakukan agar keuangan keluarga tetap stabil. Dimana beberapa tips yang bisa digunakan adalah sebagai berikut ini:

1. Menghindari hutang
Tips mudah pertama untuk keuangan keluarga tetap stabil adalah harus menghindari hutang. Karena hutang tersebut akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih besar dan selalu saja tidak cukup. Oleh karena itulah apabila mempunyai hutang maka penghasilan yang didapatkan tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan karena harus membayar hutang tersebut. Dan hal tersebut akan terjadi dan menjadi lingkaran setan karena apabila uang perbulan tidak cukup maka solusinya adalah mengambil pinjaman. Sehingga hal tersebut akan terjadi setiap waktu dan membuat Anda harus mempunyai penghasilan tambahan untuk dapat terhindar dari hutang tersebut agar penghasilan yang dipunyai cukup untuk kebutuhan keluarga.

2. Menabung
Tips perencanaan keuangan keluarga selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menabung atau menyiapkan dana cadangan. Tabungan tersebut bisa dipilih dengan berbagai macam jenis tabungan yang ada. Mulai dari tabungan deposito, berjangka, dan juga banyak lainnya. Akan tetapi pintarlah untuk memilih jenis tabungan yaitu yang menawarkan bunga tinggi sehingga akan lebih menguntungkan. Sehingga selain mendapatkan keamanan apabila menabung di bank juga akan mendapatkan keuntungan dengan bunga tinggi. Anda bisa untuk menyiapkan budget perbulannya dengan jumlah yang sesuai dengan penghasilan yang dipunyai sehingga bisa untuk menyiapkannya untuk dana cadangan. Sehingga ketika dibutuhkan tidak perlu untuk mengambil pinjaman.

3. Investasi
Dan cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan melakukan investasi. Karena ada biasanya menabung saja tidak mempunyai keuntungan besar yang didapatkan sehingga banyak yang akan memilih untuk melakukan investasi. Jenis investasi sendiri ada banyak sekali yang dipilih sehingga Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja jenis investasi yang lebih aman tetapi mempunyai keuntungan lebih kecil, dan untuk jenis yang mempunyai keuntungan lebih besar akan mempunyai resiko lebih besar.

4. Asuransi
Dan perencanaan keuangan keluarga terakhir yang bisa diperhatikan dan digunakan adalah asuransi. Hal ini bisa juga digunakan sebagai investasi karena apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka biaya yang telah dibayarkan akan dikembalikan dalam bentuk uang pertanggungannya. Misalnya saja Anda bisa memilih asuransi Astra yang mempunyai asuransi jiwa yang menawarkan premi terbaik dan banyak fitur terbaik yang didapatkan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.