5 Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Terkenal

Posted on

Kuliner Khas Tasikmalaya – Berbicara masalah kuliner Indonesia memang tak akan ada habisnya, mengingat tanah air kita terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang sudah barang tentu hal ini berbanding lurus dengan makanan khas daerah suku bangsa tersebut. Tak terkecuali makanan khas daerah Jawa Barat, salah satunya Tasikmalaya.

Tasikmalaya adalah sebuah daerah yang terdapat di bagian Tenggara wilayah Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan Kawasan Wisata Gunung Galunggung. Selain itu, daerah ini juga memiliki beberapa makanan khas yang terkenal enak dan banyak dikunjungi wisatawan luar. Tentu saja makanan khas Tasikmalaya tersebut tidak lepas dari nuansa masakan sunda. Berikut ini beberapa makanan khas daerah Tasikmalaya yang terkenal yang perlu dicoba bagi anda para pecinta wisata kuliner.

Kuliner Makanan Khas Tasikmalaya

1. Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

nasi cikur tasikmalaya
Nasi cikur dalam bahasa Sunda mempunyai arti nasi yang terbuat dari kencur. Lazimnya nasi cikur memakai bumbu kencur muda yang bertunas dengan umbi yang masih putih warnanya.

Pembuatan nasi cikur mirip dengan nasi goreng, yang menggunakan bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan tentu saja kencur muda, yang kemudian dicampurkan dengan nasi putih. Inilah yang membuat nasi cikur terasa renyah dan beraroma harum.

Jika anda berkunjung ke Tasikmalaya dan ingin merasakan enaknya nasi cikur, anda dapat langsung menuju pertigaan jalan Panyerutan – jalan Tentara Pelajar. Disanalah terdapat satu-satunya warung nasi cikur di kota berjuluk Mutiara dari Priangan Timur yakni Kota Tasikmalaya.

2. Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

tutug oncom tasikmalaya
Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini merupakan makanan khas urang sunda. Tutug oncom atau populer dengan sebutan T.O itu adalah salah satu makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar.

Dalam bahasa Sunda, kata tutug berarti menumbuk. Sedangkan oncom merupakan salah satu makanan warisan nenek moyang di Jawa Barat. Dari proses aduk tumbuk nasi dengan oncom maka menghasilkan sebuah makanan khas yang dikenal dengan nama nasi tutug oncom.

Di Tasikmalaya anda dapat banyak menemukan warung-warung yang menjual nasi tutug oncom tersebut, terutama pada malam hari.

3. Bubur Ayam H Zaenal Tasikmalaya

bubur ayam h zaenal tasikmalaya
Seperti di daerah lainnya, mencari bubur ayam di Tasikmalaya bukan sesuatu yang sulit. Banyak penjual bubur ayam yang menjajakannya dengan gerobak hingga warung makan. Namun, dari sekian banyak penjual bubur ayam di Tasikmalaya, warung Bubur Ayam H. Zaenal adalah paling terkenal.

Warung bubur ayam milik H Zaenal yang berdiri sejak tahun 1969 ini mempunyai keistimewaan. Diantaranya tekstur bubur agak encer atau tidak terlalu kental, dengan topping yang melimpah ruah terdiri dari suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe dan daun bawang.

Berlokasi di jalan Kalektoran Tasikmalaya, bubur ayam H Zaenal selalu ramai pembelinya, baik dari Tasikmalaya sendiri maupun pembeli dari daerah lain yang sengaja berkunjung untuk merasakan kelezatannya.

4. Soto Ayam Pataruman Tasikmalaya

soto ayam pataruman tasikmalaya
Bagi anda yang suka dengan makanan berkuah, di Tasikmalaya juga ada makanan khas soto ayam Pataruman. Yang membedakan soto ini dari soto yang lain adalah citarasa khasnya, sehingga soto yang satu ini sangat terkenal khususnya di Tasikmalaya.

Penasaran ingin mencobanya? Silahkan berkunjung ke sebuah warung soto milik Ibu Rina di jalan Pataruman No. 23 Tasikmalaya.

5. Mie Baso Laksana Tasikmalaya

mie baso laksana tasikmalaya
Salah satu kuliner khas Tasikmalaya yang terkenal adalah Mie Bakso Laksana. Restoran mie ini menurut situs review TripAdvisor merupakan restoran mie terlezat dan tempat makan yang paling direkomendasikan di Kota Resik.

Maka tidak heran jika mie baso laksana menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu orang apabila berkunjung ke Tasikmalaya.

Anda dapat merasakan kelezatan mie baso laksana dengan berbagai variasi menu dan topping dengan hanya datang ke jalan Pemuda No. 5 Tasikmalaya.

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner makanan khas Tasikmalaya yang terkenal yang bisa anda coba saat berkunjung dan wisata kuliner di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.