5 Teknologi AI Terkini untuk Memudahkan Proses Rekrutmen Karyawan

Posted on

teknologi ai

Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem komputer yang dirancang sedemikian rupa untuk membuat keputusan berdasarkan algoritma tertentu. Kehadiran teknologi ini telah membantu banyak kehidupan manusia, termasuk dalam proses rekrutmen karyawan. Simak ulasannya berikut ini.

Teknologi Rekrutmen Berbasis AI

Teknologi AI berperan besar dalam membantu tim HR untuk menemukan kandidat terbaik secara lebih efisien dan bahkan otomatis. Berikut adalah beberapa jenis teknologi AI terkini yang ada dalam platform rekrutmen.

1. Self Onboarding

Self onboarding adalah fitur yang memungkinkan calon pekerja menginput semua data CV dan portofolionya secara mandiri berdasarkan format yang disiapkan. Sehingga recruiter tidak perlu susah payah mengecek beragam format aplikasi yang berbeda-beda.

Data pelamar itu nantinya akan disaring oleh AI untuk mencari kandidat terbaik sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. AI akan melakukan screening secara otomatis berdasarkan data kemampuan, pengalaman, dll yang telah diinput oleh kandidat. Pekerjaan tim HR pun menjadi lebih efisien.

2. Teknologi Crowdsource Recruitment

Selama ini waktu tim HR banyak terbuang untuk mengiklankan lowongan kerja satu per satu ke berbagai event atau job portal. Belum lagi jika harus menyaring CV kandidat dan menghubungi mereka secara manual untuk menyampaikan undangan wawancara atau psikotes.

Tentu cara manual seperti itu membuang banyak waktu dan tenaga. Tapi sekarang telah ada teknologi crowdsource recruiting berbasis AI. Sehingga recruiter bisa memasang iklan lowongan kerja melalui platform rekrutmen, dan para pelamar pun bisa langsung apply secara praktis.

Baca juga :  Berbagai Tips dan Harga Drone Terbaik

Teknologi AI akan membantu pelamar menemukan lowongan pekerjaan sesuai data tertentu yang dimasukkan. Entah berdasarkan kemampuan, lokasi perusahaan terdekat, dan sebagainya. Recruiter juga lebih mudah dalam menyaring pelamar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

3. Application Tracking System

Salah satu kendala proses rekrutmen yaitu ketika pelamar kurang responsif setiap dikirimi pesan pemberitahuan undangan wawancara, dan sebagainya. Padahal, tim HR tidak punya banyak waktu untuk berkali-kali follow up kandidat satu per satu.

Di sinilah pentingnya application tracking system dalam platform rekrutmen. Kini tim HR tidak perlu susah payah menghubungi kandidat potensial secara manual. Karena pelamar akan mendapatkan notifikasi otomatis setiap ada pembaruan terbaru dari aplikasi yang telah dikirimnya.

Notifikasi yang dikirim oleh platform rekrutmen ini pun bervariasi. Mulai dari notifikasi aplikasi hingga melalui email. Menariknya, Anda juga bisa mengatur frekuensi pengiriman notifikasi untuk follow up lebih lanjut. Misalnya pada H-1 undangan wawancara, dan sebagainya.

4. Online Assessment

Teknologi AI berperan besar dalam proses online assessment pelamar, yaitu untuk menilai keterampilan masing-masing kandidat berdasarkan data yang diinput. Pemberian nilai ini pun beragam, mulai dari keterampilan teknis hingga kepribadian dan karakteristik situasional.

Selain lebih cepat dan efisien, keuntungan online assessment menggunakan AI adalah prosesnya yang lebih objektif. AI menyaring semua profil kandidat berdasarkan data yang ada tanpa adanya bias tertentu yang biasanya terjadi pada seorang recruiter.

Baca juga :  Lowongan Kerja PT Telkomsel 2012

Platform juga akan langsung mengelompokkan kandidat berdasarkan hasil asesmen secara otomatis. Data-data pelamar terpilih akan masuk tahap selanjutnya dan sisanya akan tetap disimpan di sistem. Bisa jadi data pelamar tersebut cocok saat pembukaan lowongan lain kedepannya.

5. Chatbots

Biasanya para pelamar ingin bertanya lebih dalam tentang iklan lowongan kerja bersangkutan. Namun kesulitan mengakses kontak recruiter yang bisa dihubungi. Dengan adanya teknologi AI pertanyaan yang sering diajukan pelamar akan dijawab secara otomatis oleh chatbots.

Sehingga tidak adakan ada lagi miskomunikasi antara pelamar dan recruiter. Pengalaman pelamar pun akan meningkat lebih baik dengan segala  kemudahan yang didapatnya. Sedangkan bagi  recruiter, mereka juga merasakan efisiensi maksimal dalam proses seleksi karyawan.

Kini Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan dari hiring platform berbasis teknologi AI seperti Shortlyst. Selain fitur-fitur AI yang lebih cerdas dan efisien, Anda juga bisa mengakses 600 juta lebih profil kandidat dari berbagai negara. Harganya pun sangat terjangkau, mulai 23 USD saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.