5 Tips Menjaga Kesehatan Kandungan

Posted on

menjaga kesehatan kandungan

Jika kita membahas soal kehamilan, maka ada banyak hal yang perlu anda perhatikan. Anda tidak hanya perlu untuk melakukan penghitungan usia kehamilan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan kandungan anda tersebut. Dan untuk menjaga kesehatan kandungan tidak begitu rumit. Berikut ini ada 5 tips bagaimana anda menjaga kesehatan kandungan.

1. Rutin minum vitamin prenatal

Ketika berkonsultasi kepada dokter dan dibantu untuk menghitung usia kehamilan yang tepat dan benar lalu muncul hasilnya, biasanya dokter akan memberikan vitamin untuk anda yang sedang hamil. Vitamin untuk ibu hamil berbeda dengan vitamin untuk orang yang sehat atau sakit. Vitamin prenatal harus dikonsumsi oleh ibu hamil demi kesehatan. Adapun jenis vitamin yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil adalah vitamin prenatal.

Vitamin prenatal adalah jenis vitamin yang mengandung asam folat dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan ketika hamil. Vitamin prenatal juga sangat baik untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi. Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam folat yang ada pada vitamin prenatal mampu mencegah bayi cacat lahir sejak minggu pertama kehamilan.

2. Memakan makanan sehat

Agar janin dalam kandungan tetap sehat, tentunya anda harus mengonsumsi makanan yang sehat pula. Perlu anda ketahui bahwa ibu hamil sangat memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan sehat melalui makanan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau dan produk susu. Ibu yang sedang hamil tidak perlu lagi memikirkan tentang dirinya yang sudah berbadan dua. Ibu hamil hanya perlu memikirkan tentang kesehatan kandungannya dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan menambahkan porsi kira-kira sekitar 300 kalori per hari.

Baca juga :  Hindari 2 Hal Ketika Menjalani Program Diet

3. Rutin Olahraga

Kata siapa ibu hamil tidak boleh berolahraga? Justru ibu hamil sangat perlu untuk melakukan kegiatan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, anda hanya perlu melakukan olahraga ringan yang mampu membantu menjaga kesehatan kandungan. Olahraga ini sangat penting bagi ibu hamil karena dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak, mengendalikan berat badan dan mencegah timbulnya stress. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah yoga, pilates atau berenang.

4. Rutin ke dokter setiap bulan

Ibu hamil itu harus rutin berkonsultasi kepada dokter setiap bulannya. Ketika anda menemukan tanda-tanda kehamilan, maka segeralah untuk mengunjungi dokter. Ketika anda melihat tanda kehamilan tanpa berkonsultasi pada ahli di bidangnya, biasanya akan muncul ketidakpastian. Oleh karena itu, datanglah ke dokter untuk memastikan apakah anda benar-benar hamil atau tidak.

Kemudian pada konsultasi berikutnya, anda bisa meminta dokter untuk melakukan pengecekan usia kehamilan. Umumnya dokter juga akan meminta anda melakukan beberapa tes seperti Pap smear, periksa berat badan, tes risiko anemia, tes tekanan darah, tes penyakit menular seksual, dan cek kadar hormon teroid. Jadi rutin berkunjung ke dokter setiap bulannya merupakan aktivitas yang baik dan tepat.

Baca juga :  Selain Konsumsi Obat Tipes, Lakukan Juga 4 Perawatan Ini Agar Cepat Pulih

5. Menghindari minuman beralkohol, bersoda, asap rokok

Tips terakhir yang tidak boleh anda lupakan agar kehamilan anda sehat adalah dengan menghindari minuman beralkohol dan minuman bersoda. Selain itu, anda juga harus berhenti untuk merokok dan menjauhi asap rokok. Hal demikian ini berguna untuk mencegah janin dalam kandungan mengalami cacat.

Jadi itulah 5 hal yang perlu anda pertimbangkan dan perhatikan ketika sedang hamil. 5 hal di atas tidak hanya harus disimak oleh ibu hamil tetapi juga oleh ayah agar proses kehamilan menjadi lancar hingga kelahiran bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.