5 Varietas Bawang Merah Lokal Berkualitas

Posted on
varietas bawang merah
Pixabay.com

Bawang merah merupakan sayuran sekaligus bumbu masak yang mesti ada di setiap jenis masakan nusantara. Tanpa adanya bawang merah, rasa masakan terasa kurang sempurna. Melansir dari situs resmi litbang pertanian Indonesia, bawang merah merupakan komoditas nasional yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian nasional. Berbagai varietas bawang merah terbaik dunia tersedia di Indonesia. TaniHub pun menjadi salah satu e-commerce Indonesia terbaik yang menjual berbagai varietas bawang merah lokal berkualitas.

Anda bisa mendapatkan berbagai produk bawang merah lokal berkualitas dengan mudah hanya via belanja online di TaniHub. Produknya asli dari para petani bawang merah lokal. Dengan pengalaman belanja yang nyaman, konsumen juga akan mendapatkan produk dengan pelayanan yang memuaskan.

Varietas Bawang Merah Lokal

Ada banyak jenis varietas bawang merah yang ada di Indonesia. Masing-masing varietas memiliki keunggulan tersendiri. Namun di antara banyaknya varietas yang ada, pastinya ada satu atau dua varietas unggulan. Nah, TaniHub akan berbagi beberapa informasi terkait varietas bawang merah lokal yang sangat beraneka ragam sebagai berikut.

  1. Varietas Bima Brebes

Bicara soal bawang merah lokal di Indonesia, pastinya anda akan langsung ingat Brebes. Ya, Brebes menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memproduksi bawah merah lokal terbaik. Varietas Bima Brebes merupakan varietas bawang merah lokal unggulan. Mengapa demikian? Hal ini dapat dikarenakan varietas Bima Brebes sudah dapat dipanen pada umur 60 hari setelah tanam. Selain itu, varietas ini juga memiliki tingkat produksi yang tinggi hingga 10 ton/ha.

Baca juga :  Lebih Dekat Dengan Perusahaan Venture Capital Untuk Startup Anda

Varietas Bima Brebed, khususnya Bima Brebes dari Balitsa sangat diminati pasar. Selain sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah, varietas ini sangat baik dalam mendukung kebutuhan pokok pangan masyarakat.

  1. Varietas Pikatan

Varietas Pikatan bisa dipanen lebih cepat daripada varietas Bima Brebes, yaitu berkisar 55 hari. Bawang merah jenis ini memiliki ketahanan yang baik. Bawang merah pikatan dapat bertahan dalam keadaan normal selama 6 bulan. Karena keunggulan inilah, bawang merah pikatan dapat meningkatkan produksi pangan dan menjadi salah satu dari sembilan bahan pokok pangan di dalam masyarakat.

  1. Varietas Trisula

Varietas ini memiliki masa panen yang sama dengan varietas pikatan. Hanya saja, bawang trisula memiliki tingkat produksi sedikit lebih rendah dari bawang merah pikatan. Daya tahannya pun hanya 5 bulan dalam keadaan normal. Meskipun begitu, bawang merah trisula sangat baik karena memiliki ketahanan terhadap hujan dan penyakit. Perlu diketahui, bawang merah trisula merupakan varietas asli dari hasil pengembangan Badan Penelitian Kementerian Pertanian.

  1. Varietas Pancasona

Pawang merah Pancasona memiliki umur panen sekitar 75 hari, lebih lama dibanding bawang merah Bima Brebes. Varietas ini memiliki daya tahan yang baik sekitar 4-5 bulan. Potensi hasil panen dari varietas ini bisa mencapai 6.9 ton hingga 23.7 ton/ha.

  1. Varietas Sembrani
Baca juga :  Tips Sukses Menjual Barang Bekas di Internet

Varietas Sembarani merupakan salah satu varietas lokal unggulan. Selain tahan terhadap hujan, bawang merah sembrani dapat beradaptasi di lahan gambut beriklim basah. Varietas ini pernah diuji di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dilansir dari situs resmi Litbang Pertanian, hasil panen terbaiknya bisa 18.7 ton/ha basah pada usia panen 62 hari.

Berbagai macam varietas bawang merah terbaik bisa anda dapatkan dari para petani lokal Indonesia. Selain hasil panen yang segar dan berkualitas, konsumen bisa mendapatkannya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan berbelanja di e-commerce TaniHub. Berbagai macam sayuran segar tersedia di sini. Tidak hanya cepat sampai, harganya pun begitu bersahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.