6 Cara Memacu Kreativitas Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Posted on
cara meningkatkan kreativitas
Sumber: (https://2.bp.blogspot.com/-9kBHqbH_wWk/Vd9Sk0zRB6I/AAAAAAAAAVM/XWDqXIDzZfg/s1600/Kreatif.png)

Kreativitas sangat penting dalam menghadapi persaingan global saat ini. Apalagi sekarang ini sudah hampir memasuki revolusi industri 4.0. Orang yang tidak kreatif akan kalah bersaing dengan robot dan mesin-mesin canggih. Pemerintah melalui Kadin Indonesia memberikan dorongan untuk generasi Indonesia agar lebih kreatif lagi.

Untuk meningkatkan kreativitas seseorang bisa dilakukan dengan mudah sebenarnya. Ada 6 cara yang bisa dicoba untuk membantu meningkatkan kreativitas. Keenam cara tersebut yaitu:

1. Bergaullah dengan Orang Kreatif

Orang-orang yang ada di sekitarmu akan sangat berpengaruh dalam kehidupanmu. Untuk meningkatkan kreativitas maka kamu harus bergaul dengan orang-orang yang kreatif. Kamu bisa mengikuti komunitas yang menurut kamu sesuai dengan hobi atau karakter kamu.

Ketika berkumpul dengan orang-orang yang kreatif kamu harus bisa memanfaatkannya untuk bertukar pikiran. Tuangkan ide-ide yang kamu miliki bersama dengan teman-teman yang kreatif. Akan banyak inspirasi muncul ketika kamu sedang berdiskusi dengan orang yang kreatif.

2. Selalu Bawa Buku Catatan Kecil

Terkadang banyak orang merasa risih jika harus membawa buku catatan kecil. Padahal tahukah Anda buka catatan kecil ini akan sangat berguna untuk kamu yang sedang mencari ide kreatif. Ide bisa datang kapan saja dan dimana saja, buku catatan kecil bisa kamu gunakan untuk mencatat hal penting atau ide yang mendadak datang.

Jika kamu merasa ribet harus membawa catatan kecil kemana saja maka kamu bisa menggantinya dengan gadget. Ponsel pintar sekarang sudah menyediakan fasilitas notepad yang bisa kamu gunakan untuk mencatat hal-hal penting,

3. Rajinlah Untuk Membaca

Membaca adalah hal yang paling penting untuk mengasah kreativitas yang dimiliki. Tidak hanya membaca buku tapi juga membaca berita dan berbagai informasi terbaru. Untuk meningkatkan kreativitas kamu harus sering membaca karena dengan membaca pikiranmu akan terbuka.

Membaca bisa melatih otak untuk memecahkan permasalahan yang diberikan. Kamu bisa membaca novel ataupun cerita fiktif untuk meningkatkan daya imajinasi yang bisa memunculkan ide kreatif. Informasi mengenai perkembangan dunia juga harus kamu baca untuk menambah wawasan. Ada banyak informasi penting yang bisa kamu dapatkan di Kadin Indonesia.

4. Nikmati Semua yang Terjadi

Terkadang jika sedang memikirkan sebuah ide kreatif kamu justru merasa tertekan dan stres. Padahal untuk menjadi seorang yang kreatif kamu tidak boleh stres ataupun berada dalam sebuah tekanan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreativitas kamu perlu menikmati semua hal yang terjadi.

Dengan menikmati semua hal yang terjadi maka pikiran akan menjadi rileks. Dengan demikian ide kreatif akan semakin mudah muncul. Kamu harus bisa mengendalikan diri sendiri agar tidak terlalu stres. Bahagialah setiap saat karena bahagia yang menciptakan adalah kamu sendiri.

5. Pekalah Terhadap Sekitarmu

Untuk meningkatkan kreativitas kamu juga harus peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarmu. Peduli terhadap lingkungan berarti kamu harus memperhatikan detail yang terjadi di lingkunganmu. Dengan memperhatikan detail ini kamu akan belajar menjadi lebih kreatif.

6. Mulailah Sekarang Juga

Jangan pernah menunda suatu hal apapun. Untuk menjadi kreatif kamu harus memulainya sekarang juga. Menunda berarti kamu sudah menghapus secara perlahan proses kreatif yang sedang kamu lakukan. Jika kamu sudah mempunyai ide maka sebaiknya langsung merealisasikannya.

Menjadi seorang yang kreatif tidaklah sulit karena semua orang mempunyai potensi kreativitas yang sama. Yang harus dilakukan adalah terus mengasahnya agar ide-ide kreatif bermunculan. Untuk memunculkan ide kreatif kamu bisa mencoba mencari informasi di Kadin. Ada banyak informasi terbaru terutama dalam hal perkembangan industri 4.0.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.