6 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Ampuh!

Posted on

cara menghilangkan bau kaki

Sangat tidak nyaman rasanya jika mempunyai kaki dengan aroma yang tidak sedap. Apalagi jika itu dialami oleh seorang perempuan, wah bakal malu sekali. Penyebab dari bau kaki sendiri beragam, ada yang karena terlalu lama memakai kaus kaki, ada juga karena bakteri jahat pada kaki atau terlalu lama menggunakan sepatu.

Bau kaki sendiri bisa dihindari, jika kita merawat kaki dengan baik dan benar. Kuku pada kaki pun harus senantiasa dibersihkan, terutama kotoran di sela-sela kuku yang berwarna kehitaman. Jika memang sudah terlanjur kurang merawat kaki, dan menimbulkan bau, ada baiknya lakukan 6 cara di bawah ini.

Berendam di Air Garam

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama adalah dengan berendam di air garam. Garam sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi kelembaban pada kaki dan membasmi bakteri penyebab bau kaki. Kelembaban bisa diturunkan dengan cara merendam kaki dalam larutan garam. Caranya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menyiapkan 5 sendok makan garam dan air hangat sebaskom kecil. Larutkan garam ke dalam air, lalu rendam deh kakinya. Cukup melakukannya setiap hari selama 20 menit, dijamin bau kaki kamu akan hilang.

Berendam di Air Cuka

Selain garam, alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki pada air cuka. Cuka yang memiliki kadar asam tinggi, mampu untuk membunuh kuman peyebab bau pada kaki. Cara memakainya cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan 1 gelas cuka dengan 1 baskom air, lalu rendam kaki selama 15 menit. Selain dijadikan sebagai rendaman, kamu juga bisa mengoleskan cuka pada permukaan telapak kaki dan diamkan beberapa saat.

Menggunakan Scrub

Cara menghilangkan bau kaki yang selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub. Kamu bisa menggunakan scrub yang mengandung antibakteri untuk menghilangkan bau kaki. Caranya adalah dengan menggosokkan scrub pada kaki sambil memijatnya secara ringan. Lakukanlah hal ini secara rutin sebelum mandi, agar kaki terbebas dari kotoran dan bakteri penyebab bau.

Menggunakan Baking Soda

Jika bau pada kaki kamu berasal dari sepatu, cobalah taburkan baking soda pada sepatu. Diamkan sepatu selama semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Baking soda sendiri mempunyai khasiat untuk membunuh bakteri dan menyerap kelebihan air di lingkungan sekitarnya, sehingga cocok digunakan untuk sepatumu. Sebenarnya, bau yang membandel bisa sulit kamu hilangkan, meskipun sepatu sudah sering di cuci. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan cara ini.

Berendam di Air Teh

Cara menghilangkan bau kaki yang terakhir adalah dengan merendam kaki di air teh. Air teh yang memang mempunyai aroma khas mampu menghilangkan bau kurang sedap pada kaki. Teh memiliki kandungan senyawa tanin dan flavonoid yang bersidat antibakteri dan tentunya ampuh banget menumpas kuman-kuman penyebab bau kaki. Caranya adalah dengan menyeduh teh pada baskom yang berisi air hangat. Lalu, rendam kaki selama beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah setiap hari setelah selesai melakukan berbagai aktivitas.

Menggunakan Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis memiliki sifat antibakteri yang kuat, sehingga sangat ampuh menghilangkan bau pada kaki. Untuk menggunakannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis pada telapak kaki. Diamkan beberapa menit sampai kulit terasa kaku, lalu bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukan hal ini secara rutin.

Bagaimana cara menghilangkan bau kaki di atas? Bisa dilakukan dengan mudah, bukan?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.