6 Manfaat Antibiotik untuk Bidang Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

manfaat antibiotik

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Cara kerja antibiotik ini adalah dengan membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Adanya beberapa jenis antibiotik yang efektif terhadap sejumlah jamur, protozoa, dan juga beberapa racun. Selain itu juga antibiotik dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi seperti luka setelah operasi, sakit gigi, neutropenia, dan yang lainnya. Tetapi penggunaan antibiotik ini tidak efektif terhadap virus seperti pilek, masuk angin, sakit tenggorokan, ataupun influenza.

Pemberian antibiotik kepada pasien dapat dilakukan dalam 3 bentuk yaitu :

1. Oral
Biasanya antibiotik jenis ini hadir dalam bentuk tablet, kapsul, ataupun sirup.

2. Topikal
Antibiotik jenis ini hadir dalam bentuk salep, lotion, semprotan ataupun tetes.

3. Suntikan
Antibiotik jenis ini bisa diberikan melalui suntikan langsung ataupun melalui infus.

Berikut dibawah ini 6 manfaat antibiotik untuk bidang kesehatan yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

1. Dapat Mengobati Infeksi Kulit Karena Bakteri dan Jamur
Infeksi kulit adalah gangguan yang umumnya akan terjadi pada segala jenis usia mulai dari anak anak hingga orang tua. Masalah kulit yang seperti ini dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik seperti penisilin. Tetapi terkadang gangguan pada kulit ini akan sembuh dengan sendirinya.

2. Dapat Mengobati Infeksi Saluran Kemih
Terjadinya infeksi lebih sering terjadi pada kaum wanita dibandingkan kaum pria. Pasalnya adanya bakteri yang bersarang pada saluran kemih. Dalam waktu pendek dengan hanya menggunakan antibiotik seperti penisilin, infeksi yang seperti ini akan mudah diobati. Tetapi jika dalam waktu 2 hingga 3 hari infeksi tidak kunjung sembuh maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Dapat Mengobati Meningitis atau Radang Selaput Otak
Meningitis merupakan infeksi yang akan menyerang otak dan juga sumsum tukang belakang. Terjadinya meningitis ini adalah karena adanya bakteri yang perlu diobati dengan memanfaatkan antibiotik seperti sefalosporin, aminoglikosida, ataupun tindakan lanjut oleh pihak medis. Gejala yang dialami oleh penderita meningitis adalah seperti mengalami sakit kepala yang parah, muntah, demam, kaku di leher, gangguan penglihatan, dan timbulnya ruam pada kulit.

4. Dapat Mengobati Septicaemia atau Keracunan Darah
Terjadinya penyakit Septicaemia atau keracunan darah ini adalah dikarenakan adanya bakteri yang masuk kedalam aliran darah. Langkah awal untuk mengobati penyakit ini adalah dengan menggunakan antibiotik seperti sefalosporin. Setelah itu dapat dilakukan tindakan yang sesuai dengan penyebab dan adanya komplikasi.

5. Dapat Mengobati Jerawat
Jerawat adalah gangguan kulit yang tidak bisa disembuhkan, pasalnya jerawat tersebut bisa muncul kapan saja. Tetapi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari cara bagaimana menghilangkan jerawat dan melakukan pencegahan supaya jerawat tidak muncul kembali.

6. Dapat Mengobati Infeksi Lambung
Infeksi lambung adalah salah satu penyakit kronis yang akan menyerang organ tubuh pada bagian lambung. Gejala yang akan dirasakan oleh penderita adalah biasanya berupa mual dan sering muntah, nyeri pada perut, menurun secara drastis nafsu makan, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, sering bersendawa terlebih ketika dalam keadaan lapar, sulit tidur, kepala terasa pusing, dan pendarahan.

Selain itu masih ada manfaat lain dari penggunaan antibiotik ini yaitu dapat mengobati pneumonia karena bakteri. Ini merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyerang paru paru.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.