6 Persiapan Naik Gunung Prau yang Sangat Membantu Perjalanan Anda

Posted on

persiapan naik gunung prau

Sebagian anak muda pasti suka dengan kegiatan mendaki gunung. Meskipun melelahkan, namun apabila sudah sampai di puncak, rasa lelah mereka akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dari atas gunung. Salah satu gunung yang menjadi favorit anak muda yaitu Gunung Prau. Ada banyak persiapan naik Gunung Prau yang perlu Anda bawa.

Persiapan Naik Gunung Prau

Gunung Prau termasuk salah satu gunung yang ramah dan cocok bagi pendaki pemula. Apabila Anda belum memiliki pengalaman mendaki yang cukup, Anda bisa mencoba mendaki gunung yang satu ini. Lintasannya juga tidak terlalu curam sehingga sangta cocok bagi pemula.

Namun, Anda tetap perlu membawa beberapa perlengkapan supaya perjalanan semakin menyenangkan. Apa saja perlengkapan yang harus dibawa?

1. Baju Hangat

Baju hangat memang merupakan barang yang wajib dibawa ketika Anda akan naik gunung, termasuk Gunung Prau. Hampir semua pendaki pasti membutuhkan baju hangat karena suhu udara di gunung sangatlah dingin.

Meskipun Gunung Prau tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gunung lain, namun Anda tetap perlu membawa baju hangat, seperti jaket. Sangatlah penting untuk menjaga suhu badan Anda agar tetap stabil pada puncak gunung supaya tidak mudah sakit.

2. Obat-obatan

Anda sangat disarankan untuk membawa beberapa jenis obat-obatan. Jangan pernah meremehkan iklim yang ada di gunung. Paling tidak, Anda tetap membawa obat untuk persediaan jika ada yang terluka.

Kejadian yang tidak diinginkan, seperti kelelahan, kedinginan, terjatuh, bahkan pingsan sekalipun itu sangat sering terjadi dan merupakan hal yang wajar. Maka dari itu, Anda tetap sangat dianjurkan untuk membawa obat-obatan, seperti obat merah, obat penurun panas, obat maag, dan jenis obat lainnya.

3. Trashbag

Sangat penting untuk menjaga kebersihan gunung bagi para pendaki. Untuk itulah, jangan pernah membuang sampah sembarangan ketika sedang berada di gunung. Untuk mengakalinya, Anda bisa membawa trashbag atau kantong plastik.untuk menampung sampah.

Apabila tidak menemukan adanya tempat sampah, Anda bisa menyimpan sampah-sampah pada kantong plastik yang Anda bawa. Kemudian, Anda bisa membuang kantong plastik tersebut apabila sudah menemukan tempat sampah.

4. Makanan

Kalau perlengkapan yang satu ini memang sudah sangat wajib untuk Anda bawa. Anda bisa membawa makanan yang ringkas dan tidak memakan banyak ruang untuk dibawa, namun tetap bisa membuat Anda menjadi kenyang.

Dengan membawa makanan yang cukup, Anda akan lebih mudah untuk sampai ke puncak gunung karena dapat mengisi tenaga kapanpun Anda mau. Selain makanan, Anda juga dapat membawa perlengkapan untuk memasak, seperti kompor portabel.

Dengan begitu, Anda beserta rombongan akan lebih mudah untuk membuat makanan yang lebih bervariasi sehingga perjalanan kalian akan lebih mengasyikkan.

5. Kamera

Jangan lupakan persiapan naik gunung yang satu ini. Tentunya, Anda tidak ingin kan momen indah yang Anda lewati tidak diabadikan dalam sebuah kamera? Nah, maka dari itu sangat dianjurkan untuk membawa kamera dengan kualitas hasil jepretan yang sangat baik.

Tentunya, ada banyak panorama yang sangat indah di sepanjang perjalanan maupun puncak Gunung Prau. Nah, Anda dapat mengabadikannya ke dalam kamera kesayangan Anda. Dengan begitu, Anda memiliki kenangan tersendiri yang tidak akan terlupakan.

6. Masker

Jangan lupa untuk membawa masker apabila ingin mendaki gunung ini. Kondisi udara yang cukup dingin dapat membuat sistem pernafasan Anda menjadi rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu membawa masker supaya kotoran yang ada di lingkungan sekitar tidak mudah masuk ke dalam pernafasan Anda.

Udara yang terlalu dingin juga kurang baik apabila langsung masuk ke dalam pernafasan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung.

Nah, itulah beberapa persiapan naik Gunung Prau yang perlu Anda bawa untuk dapat membantu diri Anda ketika dalam perjalanan ataupun setelah sampai di puncak. Barang-barang tersebut mungkin kelihatannya tidak penting.

Namun, barang tersebut memiliki fungsi yang sangat penting apabila Anda sudah berada dalam perjalanan. Jangan sampai Anda menyesal karena meremehkan dan tidak membawa beberapa perlengkapan di atas.

Tips naik gunung lainnya dapat dilihat pada https://cekaja.com/info/tips-naik-gunung-untuk-pemula-agar-keselamatan-terjaga/. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.