6 Rukun Iman Dalam Islam

Posted on

rukun iman

Iman merupakan keyakinan yang berkaitan dengan agama. Beriman artinya meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa yang namanya rukun iman dalam Islam itu ada enam.

Bicara soal rukun iman, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang rukun iman beserta maknanya yang wajib diyakini umat Muslim sebagai berikut.

  1. Iman Kepada Allah

Rukun iman yang pertama yang wajib kita yakini adalah beriman kepada Allah Subhana wa Ta’ala, Tuhan Semesta Alam dan tidak menyekutukan-Nya. Selain itu, kita juga harus meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Subhana wa Ta’la yang menciptakan alam semesta beserta isinya.

Kita juga harus meyakini sifat-sifat Allah yang diterangkan dalam Al Quran (Asmaul Husna) dan hanya kepada Allah kita berdoa dan meminta.

  1. Iman Kepada Malaikat-Malaikat-Nya

Ruku iman yang kedua adalah mengimani adanya malaikat-malaikat Allah Subhana wa Ta’ala yang jumlahnya cukup banyak tak terbilang. Namun, yang wajib kita imani hanya ada 10 yakni. Berikut 10 malaikat dan tugasnya :

  • Malaikat Jibril memiliki tugas menyampaikan wahyu
  • Malaikat Mikail memiliki tugas mengatur kesejahteraan makhluk (rezeki)
  • Malaikat Israfil memiliki tugas meniup sangkakala
  • Malaikat Izrail memiliki tugas mencabut nyawa (ruh)
  • Malaikat Munkar memiliki tugas menanyakan ruh orang durhaka/kafir di alam kubur
  • Malaikat Nakir memiliki tugas menanyakan ruh orang soleh di alam kubur
  • Malaikat Raqib memiliki tugas mencatat amal baik manusia yang dilakukan selama hidupnya
  • Malaikat Atid memiliki tugas mencatat amal buruk manusia yang dilakukan selama hidupnya
  • Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka
  • Malaikat Ridwan memiliki tuga menjaga pintu surga
  1. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
Baca juga :  Malas Pangkal Penderitaan

Rukun iman yang ketiga adalah mengimani kitab suci yang pernah Allah turunkan kepada para Nabi dan Rasul-Nya, yakni Kitab Taurat kepada Nabi Musa Alaihi Salam, Kitab Zabur kepada Nabi Daud Alaihi Salam, Kitab Injil kepada Nabi Isa Alaihi Salam, dan Al Quran kepada Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Nah, kita sebagai umat Islam wajib mengimani dan mengikuti Al Quran sebagai pedoman hidup.

  1. Iman Kepada Nabi dan Rasul

Rukun iman yang keempat adalah mengimani Nabi dan Rasul yang diutus Allah Azza wa Jalla. Sebenarnya banyak Nabi yang Allah utus, namun hanya ada 25 Nabi dan 5 Rasul yang wajib kita imani mulai dari Nabi Adam Alaihi Salam hingga terakhir Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam.

Sementara 5 Rasul yang juga disebut Ulul Azmi karena memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menghadapi umatnya adalah Nabi Nuh Alaihi Salam , Nabi Ibrahim Alaihi Salam, Nabi Musa Alaihi Salam, Nabi Isa Alaihi Salam, dan Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)
Baca juga :  Buletin Az-Zahra Edisi 6

Rukun iman yang kelima adalah beriman kepada hari kiamat. Hari kiamat merupakan hari dimana hancurnya alam semesta. Kita harus meyakini bahwa hari kiamat itu pasti akan terjadi cuman kita tidak tahu kapan itu terjadi hanya Allah saja yang mengetahuinya. Maka dari itu, kita harus membekali diri dengan amal baik sebanyak-banyaknya sehingga tidak ada penyesalan di hari kiamat nanti.

  1. Iman Kepada Qadha dan Qadar (Takdir baik dan buruk)

Rukun iman keenam yang harus kita yakini adalah adanya qadha dan qadar atau takdir baik dan buruk. Semua yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah Subhana wa Ta’ala. Yang harus kita lakukan selama hidup di dunia adalah berikhitiar, beramal dan beribadah sebanyak-banyaknya kepada Allah Subhana wa Ta’ala agar selamat dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.