7 Cara Jaga Kesehatan Mental Bagi Keluarga

Posted on

cara jaga kesehatan mental

Orang tua dan anak-anak sedang menghadapi disrupsi kehidupan yang besar akibat virus Corona. Penutupan sekolah, physical distancing, banyak hal berat yang harus dilalui dan tentunya merupakan masa yang sulit bagi seluruh anggota keluarga. Untuk itu diperlukan menjaga kesehatan mental bagi keluarga agar bisa saling mendukung di tengah situasi saat ini. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut.

7 Cara Jaga Kesehatan Mental Bagi Keluarga

1. Saling Bersosialisasi

Langkah pertama untuk jaga kesehatan mental keluarga adalah dengan bersosialisasi. Tentunya sebagai makhluk sosial kamu membutuhkan berinteraksi dengan orang lain. Baik itu berdiskusi suatu masalah, bertukar pikiran, curhat dan sekadar basa-basi menanyakan kabar.

Selain itu, interaksi tak harus dengan tatap wajah secara langsung. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang sosialisasi bisa dilakukan tanpa harus bertemu cukup menggunakan aplikasi yang mendukung Video Call dan chatting. Walaupun kualitas terhubungnya berbeda antara bertemu secara langsung dengan digital, namun tetap dapat bersosialisasi.

2. Berpikir Positif

Tanpa disadari atau tidak pikiran dapat mempengaruhi kondisi batin dan tubuh seseorang. Memiliki banyak beban pikiran hingga kesehatan mental terganggu bisa jadi pemicu datangnya berbagai penyakit, seperti pusing atau maag.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang tebarkan kepada anak dan keluarga tercinta kamu energi positif agar mereka tertular berpikiran positif. Namun, bila ada masalah, hadapi dengan tenang, jangan ambil pusing dan jalani dengan santai karena semua masalah selalu ada solusinya.

3. Menolong Orang Lain

Menolong orang lain sangat penting karena dengan menolong orang lain secara tidak langsung kamu akan merasa senang dan bahagia melihat beban orang lain dapat berkurang.

Selain menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan mental pada keluarga menolong orang lain juga mendapat pahala.

4. Tetap Berkegiatan

Aktif berkegiatan menjadi salah satu cara untuk mencegah gangguan mental. Untuk itu, kamu bisa mengajak keluarga untuk ikut ke dalam berbagai aktivitas yang diminatinya agar bisa menumbuhkan perasaan senang.

Selain dapat menyalurkan hobi, menjalani aktivitas kegiatan yang disukai juga dapat menambah relasi pertemanan.

5. Sempatkan Olahraga

Buatlah jadwal kapan harus melakukan olahraga dalam sepekan. Olahraga ternyata dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan kesehatan mental di keluarga. Banyak yang percaya jika tubuh banyak bergerak maka akan mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak. Artinya bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

Selain itu, agar menambah semangat, kamu bisa berolahraga bersama-sama dengan keluarga. Pilih olahraga yang mudah dilakukan secara bersama-sama seperti lari bersama, berkebun, membersihkan rumah, bersepeda, berenang, senam dan olahraga lainnya.

6. Istirahat yang Cukup

Walaupun memiliki kegiatan yang baik untuk tubuh, pastikan kamu dan keluarga punya waktu yang cukup untuk istirahat dan bersantai.

Akan lebih seru jika waktu bersantai dihabiskan bersama keluarga, seperti menonton film, makan di restoran atau pergi ke kebun binatang dengan mereka. Selain membuat pikiran lebih tenang, menghabiskan waktu bersama keluarga juga dapat mempererat hubungan.

7. Cari Bantuan Psikolog

Ketika anggota keluarga di rumah mengalami gangguan kesehatan mental sehingga merasa butuh bantuan, tidak ada salahnya untuk mencari tenaga profesional.

Kamu bisa mencari bantuan psikolog yang terpercaya di daerah kamu. Kemudian baut janji konseling dan cari jalan keluar bersama dengan psikolog yang telah dipilih.

Saat ini cari bantuan psikolog dapat dengan mudah kamu temukan melalui aplikasi Halodoc. Karena disana kamu dapat berkonsultasi dengan dokter, dan kamu dapat membuat janji dengan dokter, termasuk dalam mengatasi gangguan kesehatan mental yang mungkin kamu atau keluargamu alami.

Itulah di atas tentang 7 cara jaga kesehatan mental bagi keluarga. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.