7 Olahan Daging Sapi Paling Enak yang Mudah Dibuat

Posted on

olahan daging sapi

Olahan daging sapi pasti sangat enak untuk dibuat, apalagi jika Anda memang seseorang yang suka atau hobi memasak. Bagi para pecinta daging, olahan tersebut akan sangat bisa menambah appetite dan juga keinginan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi akan semakin tinggi. Yuk cari tahu resep apa saja yang merupakan olahan daging sapi dengan variasi paling enak.

1. Steak Daging Sapi

steak daging sapi

Resep pertama yang paling enak dan banyak peminatnya adalah steak daging sapi. Makanan ini merupakan olahan daging yang dipotong filet. Kemudian, dilakukan proses marinasi dan juga digoreng dengan tepung atau diolah dengan proses penggorengan mentega maupun margarin.

2. Rawon Sapi

rawon sapi

Rawon adalah masakan khas dari daerah Jawa, terutama wilayah Jawa Timur. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bumbu dasar kuning dan ditambah dengan kluwek dan juga daging. Adapun bagian daging yang dipakai memiliki istilah “tetelan” atau potongan daging yang banyak lemaknya.

Inilah alasan rawon memang sangat gurih, tetapi harus dipahami bahwa jumlah yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak karena nanti bisa menyebabkan tingkat kolesterol yang tinggi.

3. Rendang Daging Sapi

rendang daging sapi

Berbeda dengan rawon yang berasal dari Pulau Jawa, makanan berbahan dasar bumbu merah ini berasal dari tanah Sumatra. Rasanya sangat enak dan bahkan diakui oleh berbagai chef di seluruh dunia sebagai makanan paling enak.

Baca juga :  2 Resep Cara Membuat Cakwe

Bahan utama dari rendang adalah daging yang dipotong kotak lalu direbus dengan santan kental yang diberi bumbu dasar merah. Kemudian daging sapi tersebut direbus sampai benar-benar empuk dan bumbunya meresap.

4. Semur Daging Sapi

semur daging sapi

Selain kambing, semur daging sapi juga merupakan salah satu masakan yang mudah dibuat. Pasalnya, bumbu-bumbu yang dibutuhkan sangat sederhana, misalnya bawang merah dan bawang putih serta kecap manis.

Anda dapat menumis terlebih dahulu bumbu-bumbu dan bisa menambahkan lada, saus tiram dan juga sedikit gula maupun garam. Pastikan merebus dulu daging atau memotong ukuran kecil agar rasanya bisa benar-benar merasuk ke dalam dan pastinya mempengaruhi tingkat kelezatannya.

5. Dendeng Sapi

dendeng sapi

Olahan daging sapi berikutnya adalah dendeng. Dendeng kerap digunakan sebagai oleh-oleh yang sangat enak serta sangat awet. Cara membuat dendeng adalah memotong-motong hingga sangat tipis, kemudian ditambah dengan aneka bumbu.

6. Soto Daging

soto daging

Di beberapa daerah ada olahan masakan soto ayam. Misalnya di daerah Lamongan yang terkenal dengan soto ayam Lamongan. Namun, siapa sangka bukan hanya ayam saja yang cocok untuk dibuat makanan berkuah kuning ini? Ya, Anda juga bisa membuat olahan soto daging yang rasanya sangat enak dan pastinya tidak akan mengecewakan.

Baca juga :  Sensasi Wisata Kuliner di Atas Bukit Kota Kembang

Bahan-bahannya cukup mirip dengan soto ayam, tetapi lebih banyak menggunakan koya dan proses perebusan lebih lama. Hal ini dipengaruhi oleh tekstur daging sapi memang sangat berbeda dibanding daging ayam.

7. Sup Daging

sup daging

Banyak orang membuat sup daging sapi sebagai cara mudah menggabungkan antara sayur dan juga sumber protein hewani. Faktanya, olahan tersebut memang sangat enak dan juga bernutrisi. Cara membuatnya cukup mudah karena daging sapi bisa direbus terlebih dahulu hingga membentuk kaldu.

Setelah itu, daging sapi kemudian direbus bersama dengan bumbu sup yang telah ditumis harum. Lalu, tunggu hingga bumbu merasuk dan tambahkan sayuran.

Pastikan untuk mengkonsumsi daging merah dalam takaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Olahan daging sapi di atas pasti sangat lezat dan bergizi bagi keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.