Apa itu Koperasi Simpan Pinjam ?

Posted on

koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah sebuah koperasi yang mempunyai kegiatan usaha berupa penghimpunan dan penyaluran dana kepada para anggotanya dengan menerapkan bunga rendah. Jenis koperasi ini juga disebut sebagai koperasi kredit dimana cara mengelolanya dilakukan dengan demokratis serta mandiri. Untuk para anggotanya, nantinya akan bergabung secara sekuler. Selain itu, koperasi ini juga dapat disebut sebagai sebuah lembaga keuangan non-bank yang mempunyai kegiatan usaha berupa penerimaan simpanan dari para anggota serta memberikan pinjaman berupa uang tersebut kepada anggota lain dengan memasang bunga rendah.

Sumber, Prinsip, dan Tujuan dari Koperasi Simpan Pinjam

• Sumber Modal
Sumber modal dari koperasi simpan pinjam ini berasal dari dua sumber yakni, berasal dari modal pinjaman dan modal sendiri. Modal pinjaman tersebut adalah modal yang nantinya akan dihimpun dari para anggotanya, lembaga keuangan lain seperti bank, serta koperasi lain. Sedangkan untuk modal sendiri yaitu modal yang berasal dari para anggota dalam koperasi, seperti simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, serta hibah. Modal pinjaman ini juga tidak terikat pada nominal tertentu, sehingga para anggotanya dapat menanamkan modal secara sukarela tanpa terikat.

• Prinsip Dasar
Prinsip dasar dalam suatu koperasi akan memberikan sebuah acuan kepada para anggota dalam pelaksanaannya. Sama seperti jenis koperasi lainnya, koperasi simpan pinjam ini juga mempunyai beberapa prinsip dasar yang harus dipatuhi dalam pelaksanaannya. seperti :

  1. Keanggotaan mempunyai sifat yang terbuka serta sukarela
  2. Koperasi akan dikelola secara demokratis dan mandiri
  3. Kekuasaan tertinggi koperasi terdapat pada rapat anggota
  4. SHU (sisa hasil usaha) dan laba akan diberikan kepada seluruh anggota sesuai kesepakatan secara adil

• Tujuan
Tujuan utama dari berdirinya koperasi jenis simpan pinjam ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya. Dengan kata lain, inti dari tujuan koperasi ini bukanlah untuk mendapatkan laba yang besar, namun lebih memberi manfaat bagi setiap anggotanya. Akan tetapi, pastinya setiap lembaga keuangan perlu untuk diupayakan agar dapat memperoleh keuntungan atau laba, atau setidaknya menghindari timbulnya kerugian. Hal ini dapat membantu para anggota koperasi agar lebih nyaman dalam berinvestasi tanpa takut akan rugi.

Pada pelaksanaannya, koperasi ini mempunyai beberapa fungsi serta peranan yang sangat penting untuk para anggotanya. Untuk simpanan, koperasi ini akan membantu dalam penyimpanan serta menginvestasikan karena besaran dana akan terus bertambah setiap waktunya. Selain itu, dalam koperasi ini para anggotanya dapat mengambil seluruh simpanan jika diperlukan. Untuk pinjaman, koperasi ini mampu memberi pinjaman tanpa syarat yang rumit serta akan memberikan bunga kecil. Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu anggota dapat meluncur ke website Pracico, sebuah entitas bisnis berupa koperasi simpan pinjam yang berkontribusi secara positif dalam pembangunan ekonomi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.