Bagaimana Cara Mengatasi Anak Tantrum?

Posted on

mendidik anak hebat

Mam pernah dengar istilah anak tantrum? Istilah ini dipakai ketika anak kerap berteriak-teriak, berguling-guling di lantai dan menangis sekeras-kerasnya. Sebenarnya ini merupakan trik si kecil untuk mengungkapkan apa yang dia inginkan dan bukan berarti ia anak nakal ya Mam. Untuk itu mendidik anak hebat sejak dini bukanlah hal mudah, karena tantrum kerap dimulai di usia 1-3 tahun. Ingat, ini merupakan hal yang normal dan Mam tidak boleh marah-marah apa lagi membentak sampai memukul karena bisa meninggalkan trauma bagi si kecil. Mam bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut ini:

Tunggu Si Kecil Selesai Dengan Marahnya
Hal pertama yang harus Mam lakukan adalah tetap tenang dan jangan terpancing emosi. Biarkan si kecil reda dengan sendirinya. Mam juga tidak dianjurkan menjajikan beberapa hal hanya agar ia cepat diam. Dalam kondisi ini anak sedang mencoba mengungkapkan perasaannya dan sering kali sebagai bentuk “caper” dan ancaman agar orangtua menuruti apa yang dia inginkan. Satu hal lagi, coba jangan beri perhatian pada si kecil. Pura-puralah tidak memperhatikan, karena nantinya dia akan tenang dengan sendirinya.

Beri Batasan Waktu
Jika mengabaikan si kecil ternyata tidak berhasil, coba dengan memberikan batasan waktu. Kalau ia mulai tantrum di tempat umum, segera bawa si kecil ke lokasi yang aman dan diamkan dia di sana sampai kemarahannya reda. Katakan pada si kecil Mam tidak akan mengajaknya pergi kalau ia masih terus saja marah dan menangis. Pastikan juga Mam mencari tempat yang tidak dekat dengan mainan sebab ini justru akan memperparah emosinya.

Pelajari Apa Yang Menyebabkan Ia Tantrum
Ini sangat penting! Mam harus jeli apa yang menyebabkannya tantrum apa lagi di tempat umum. Setelah Mam berhasil mengidentifikasi alasan kenapa ia tantrum, persiapkan jawabannya. Misalnya saat Mam menyadari kalau si kecil tidak mau di ajak pulang saat bermain di mall. Mam bisa mengatakan memberi waktu 5 menit kemudian pulang. Kalau perlu, gunakan timer di smartphone agar lebih mudah.

Tawarkan Makanan atau Tidur
Banyak para ahli yang berpendapat kalau resep anak tantrum ini bisa diobati dengan makan dan tidur. Kalau di rumah Mam pasti akan lebih mudah menemukan makanan atau membaringkannya tidur. Nah bagaimana kalau di tempat umum? Kuncinya persiapkan bahan makanan dan lokasi yang nyaman ya Mam!

Nah, itulah empat cara jitu menangani temper tantrum pada balita. Mendidik anak hebat memang bukan pekerjaan mudah, tapi kalau dilakukan dengan benar emosi anak bisa terbentuk dengan baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.