Bagaimana Cara Perusahaan Memberikan Asuransi untuk Karyawan?

Posted on

asuransi untuk karyawan

Setiap perusahaan kecil, pasti tidak ingin menjadi perusahaan kecil secara terus menerus. Semakin lama, Anda sebagai pemilik perusahaan ingin menjadi perusahaan besar. Hal ini akan membuat karyawan bertalenta ingin bergabung bersama dengan perusahaan Anda sehingga perusahaan Anda akhirnya tumbuh semakin pesat.

Namun, untuk menjadikan perusahaan tersebut besar, Anda harus memberikan fasilitas yang membuat karyawan merasa nyaman dan aman. Salah satunya seperti asuransi kesehatan. Lantas, bagaimana cara perusahaan memberikan asuransi kesehatan bagi karyawannya?

Lakukan Persiapan dengan Lengkap

Sebelum memilih asuransi kesehatan, ada beberapa pertimbangan penting yang harus Anda lakukan, meliputi:

1. Biaya

Ini tentu menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pemilik perusahaan ketika hendak mengikutsertakan program asuransi bagi karyawan. Jika perusahaan Anda baru saja berdiri dan belum memiliki pemasukan stabil, hal ini mungkin akan memberatkan.

Akan tetapi, jika perusahaan sudah memiliki pemasukan yang besar, sudah seharusnya perusahaan memberikan jaminan bagi karyawan dalam bentuk asuransi. Tentu pemilik perusahaan ingin memberikan jaminan yang layak bagi karyawan agar mereka bisa fokus dalam bekerja.

2. Waktu

Untuk menyiapkan program asuransi karyawan, tentu membutuhkan waktu. Perusahaan perlu mendata secara lengkap identitas karyawan serta memilih program asuransi yang terpercaya.

Selain itu, perusahaan akan menerapkan aturan siapa saja karyawan yang berhak mendapatkan program asuransi ini. Biasanya program tersebut diberikan kepada karyawan tetap. Sedangkan untuk karyawan yang statusnya belum tetap, belum berhak mendapatkan jaminan tersebut.

Di samping itu, memang sudah menjadi kewajiban bagi pemilik perusahaan untuk memberikan perlindungan optimal bagi pekerja. Aturan pemerintah mengharuskan agar perusahaan yang memiliki jumlah tenaga kerja minimal 10 orang, wajib untuk ikut asuransi BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial). Semua ini tentu demi perlindungan maksimal bagi karyawan dalam bekerja.

Jenis Asuransi untuk Karyawan

Jenis asuransi yang bisa Anda pilih untuk diberikan pada karyawan adalah BPJS dan asuransi swasta. Untuk BPJS, terbagi menjadi dua yakni BPJS Ketenagakerjaan serta BPJS Kesehatan. Sesuai namanya, untuk BPJS kesehatan tentu saja melingkupi jaminan yang berhubungan dengan kesehatan seperti rawat inap, rawat jalan dan yang lainnya. Sedangkan untuk ketenagakerjaan melingkupi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Pilihan lainnya, perusahaan juga dapat mengikuti asuransi swasta. Beberapa perusahaan asuransi memiliki produk dengan menambahkan santunan kematian pada program yang mereka miliki. Ini bisa memberikan perlindungan yang lebih maksimal bagi pekerja. Bagi perusahaan memang akan lebih baik jika mendaftar dua asuransi swasta, yakni asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Biar manfaat yang dimiliki bisa lebih optimal.

Jika dilihat dari segi biaya, anggaran untuk asuransi kesehatan ini bervariasi, bergantung dari penyedia layanan dan kelas asuransi yang dipilih. Saat ini layanan asuransi juga lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan budget yang perusahaan miliki.

Mana Asuransi yang Harus Dipilih?

Sebagai pemilik perusahaan, saat dihadapkan pada pemilihan asuransi, pasti Anda akan langsung bingung. Bisa disimpulkan, asuransi BPJS pada dasarnya sangat membantu. Namun ada beberapa hal yang juga bisa dilayani dengan sangat baik oleh asuransi kesehatan.

Jadi, untuk pemilihan asuransi, bergantung kondisi perusahaan dan kebijakan yang Anda miliki. Bila ingin memberikan perlindungan maksimal untuk karyawan, Anda dapat memilih kedua asuransi sekaligus.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Asuransi Kesehatan untuk Karyawan?

Sebenarnya, untuk melakukan pendaftaran asuransi kesehatan, baik menggunakan BPJS atau pun swasta saat ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa melihat di Lifepal. Di Lifepal, Anda dapat melakukan pembelian asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Lifepal merupakan situs asuransi yang memberikan perbandingan beragam produk asuransi secara transparan. Jadi Anda secara mudah untuk membandingkan antar produk asuransi yang tersedia, dan memilih yang terbaik berdasarkan kebutuhan perusahaan Anda.

Beberapa keunggulan dari Lifepal sebagai sahabat saat memilih asuransi adalah berikut ini:

  • Cepat. Kemudahan dan kenyamanan Anda dapatkan semudah melakukan pembelanjaan online,
  • Terjangkau. Dengan harga terjangkau, Anda dapat menyesuaikan premi sesuai kemampuan dan kebutuhan,
  • Sederhana. Berbagai layanan di Lifepal sangat mudah dimengerti serta transparan. Tidak ada biaya tersembunyi yang akan disodorkan pada Anda,
  • Melayani. Lifepal berperan layaknya sahabat baik sebelum Anda membeli polis atau pun sesudahnya.

Dari berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Lifepal, apakah Anda masih ragu untuk menjadikan Lifepal sebagai sahabat? Hubungi Lifepal sekarang dan dapatkan penawaran terbaik untuk Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.