Bagaimana Pemilihan Cat Rumah yang Tepat agar Rumah Tetap Terlindungi?

Posted on

tips memilih cat rumah

Indonesia termasuk negara tropis yang memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakatnya. Dengan wilayahnya yang mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak, tentunya kita bisa semakin menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Tapi, di saat kita mendapatkan keuntungan tersebut, pastinya ada kekurangan yang tidak bisa kita hindarkan, yaitu dinding rumah bisa cepat rusak.

Ketika sinar matahari serta curah hujan datang tidak menentu, dalam waktu ke depan dinding akan semakin cepat rusak, bahkan sampai terkikis, berlumut, dan retak. Karena itulah, Anda yang ingin melindungi rumah dari kerusakan seperti itu harus memakai cat rumah yang tepat.

Anda yang tidak ingin salah pilih cat tembok rumah, ada baiknya mengikuti tips-tips di bawah ini.

1. Memakai cat primer atau cat dasar

Tidak semua pemilik rumah mengetahui kalau ingin mendapatkan kerekatan cat yang kuat, kita harus memakai cat primer sebagai cat dasarnya. Anda yang memberikan cat primer terlebih dahulu pada dinding rumah, nantinya cat lapisan warna luarnya menjadi semakin kuat dan tahan lama. Tidak hanya itu saja, cat tersebut bisa melindungi tembok dari rayap atau alkali.

Kalau dulu Anda harus membeli cat primer secara terpisah, kini sudah ada beberapa cat rumah yang memakai formula cat primer, sehingga tidak perlu membelinya secara terpisah lagi. Dengan begitu pun proses untuk mengecat rumahnya menjadi semakin cepat.

2. Cari yang tahan segala cuaca

Kondisi cuaca sering kali tidak menentu, sehingga membuat dinding bagian luar lebih cepat rusak, seperti mengelupas, retak, ataupun berlumut. Berbeda dengan dinding bagian ruang dalam rumah yang tidak terlalu mudah rusak karena tidak terkena perubahan cuacanya secara langsung. Karena itulah, Anda harus memperhatikan pemilihan cat rumah bagian luarnya atau eksteriornya.

Karena mendapatkan perubahan cuaca secara langsung yang tidak menentu, ada baiknya kalau Anda memilih cat yang sudah memiliki formula khusus. Formula tersebut harus mempunyai ketahanan terhadap segala cuaca, mulai dari panas sinar matahari, dinginnya malam, air hujan, temperatur yang kadang-kadang lembab, ataupun polusi udara.

Anda yang memakai cat untuk segala kondisi cuaca menjadikan dinding rumah Anda lebih terlindungi dan awet.

3. Pilih cat dalam ruang yang kualitas udaranya bagus

Selain memperhatikan kondisi dinding bagian luar atau eksterior, jangan sampai Anda lupa dengan dinding ruangannya atau bagian interiornya. Ada perbedaan yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan jenis cat rumah interior. Kalau dinding luar harus memakai cat dengan formula tahan segala cuaca, dinding bagian dalam harus memiliki kualitas udara yang bagus.

Bagian dalam rumah tidak terkena sinar matahari langsung, sehingga suhunya terkadang cepat lembab. Karena itu, gunakan cat berkualitas udara bagus agar kelembabannya tetap terjaga. Usahakan mencari cat yang memiliki kandungan Volatile Organic Compounds atau VOC yang rendah. Cara mudah membedakannya adalah kalau Anda mencium baunya sangat tajam atau menyengat, berarti cat tersebut mengandung VOC tinggi.

4. Sesuaikan cat dengan bagian bangunan lain

Saat memberikan cat rumah, tidak hanya memperhatikan dindingnya saja, tapi juga bagian-bagiannya lain, seperti kusen jendela, pintu, pagar, plafin, serta pilar. Jangan sampai Anda mengabaikannya dan membuatnya tidak terlindungi dengan baik.

Usahakan Anda kenali bahan material yang dipakainya. Misalnya saja untuk pagar besi, ada baiknya memakai cat yang anti karat agar tidak mudah berkarat. Untuk bagian pintu atau jendela yang terbuat dari kayu, pilihlah cat yang dipakai untuk kayu dengan kandungan anti rayap serta anti air.

Keempat tips di atas sebaiknya Anda terapkan agar ketahanan dinding rumah Anda semakin kuat dan tahan lama. Jangan lupa pilih produk cat rumah dengan kualitas terbaik, seperti Asian Paints agar dindingnya semakin terlindungi dengan baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.