Bebaskan Anak Dari Rasa Bosan Selama Perjalanan Mudik Lebaran Dengan Beberapa Kegiatan Menarik Ini!

Posted on

Beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri hampir seluruh tiket lebaran 2019 telah menjadi buruan para calon pemudik, dan tiket lebaran 2019 yang paling banyak diburu adalah tiket kereta api. Dari tahun ke tahun memang jumlah pemudik yang menggunakan kereta api kian bertambah, hal ini juga seiring dengan bertambahnya kualitas pelayanan dan kenyamanan yang dihadirkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Mudik lebaran memang merupakan sebuah perjalanan rutin yang menyenangkan tapi nampaknya ada beberapa kekhawatiran yang dihadapi oleh mereka yang mudik membawa anak-anak, dan salah satunya adalah rasa khawatir kalau nantinya sang anak akan rewel selama di perjalanan. Anak yang rewel selama di perjalanan bukan hanya akan ia kelelahan, tapi juga bagi kalian para orang tua pun akan merasa kelelahan dan juga mungkin merasa tidak enak dengan penumpang yang lain kalau anak terus-terusan rewel. Ada beberapa jenis kegiatan atau permainan yang bisa kalian dan anak lakukan di perjalanan, supaya sang anak gak merasa bosan, diantaranya:

1. Menebak Benda-Benda di Jalan

perjalanan mudik lebaran
https://www.malangtimes.com/baca/34299/20181220/104400/baru-direnovasi-taman-indah-ini-bakal-bikin-betah-anak-anak-belajar-lalu-lintas

Permainan pertama yang bisa kalian lakukan adalah memberikan pertanyaan ke anak tentang benda-benda yang ada di jalan raya, misalnya saja lampu lalu lintas, motor, atau benda-benda lain yang kalian temui selama di perjalanan. Permainan seperti ini tentunya akan mengalihkan perhatian sang anak sehingga akan terhindar dari rasa bosan, selain itu juga permainan menebak benda ini bisa kalian jadikan waktu yang tepat untuk memperkenalkan benda-benda lain yang mungkin belum diketahui.

2. Mendongeng

perjalanan mudik lebaran
http://anastasyannisa.com/2019/01/06/membaca-nyaring-metode-menumbuhkan-fitrah-belajar-anak/

Percaya atau gak, balita sangat suka mendengarkan cerita-cerita menarik, terutama cerita yang berkaitan dengan hewan atau hal-hal yang ia sukai, karena dengan mendengarkan cerita yang menarik mereka secara otomatis akan menghadirkan visualisasi cerita di dalam pikiran mereka. Agar semakin menarik perhatian sang anak, kalian bisa menceritakan sebuah kisah dengan memainkan intonasi suara, hal ini juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi anak, lho! kalau perlu kalian bisa membawa buku cerita beserta alat peraga simpel seperti boneka jari.

3. Menggambar atau Mewarnai

perjalanan mudik lebaran
https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/22400301/ini-tahapan-kemampuan-anak-usia-dini-menggambar-dan-mewarnai

Biasanya, anak-anak sangat suka dengan kegiatan yang berhubungan dengan alat tulis, oleh karena itu membawakan sang anak buku bergambar dan alat mewarnai tentunya menjadi pilihan yang cerdas, kan! dengan menggambar atau mewarnai, perhatian sang anak sepenuhnya akan terfokus pada lembaran gambar, sehingga kemungkinan anak akan rewel karena merasa bosan akan berkurang.

Nah, itu merupakan 3 kegiatan atau permainan yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir kemungkinan anak akan rewel selama di perjalanan mudik. Supaya rencana mudik kalian lebih terorganisir dengan baik, jangan hanya sibuk mencari tiket lebaran 2019, tapi juga jangan lupa untuk mencari seluruh kebutuhan yang mungkin dibutuhkan anak kalian, tak terkecuali mainan untuk di perjalanan mudik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.