Beginilah 5 Cara Simple Paling Ampuh Untuk Mengatasi SIM Card Yang Error

Posted on

sim card error

Bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat di dunia ini sudah tidak asing lagi dengan sebuah benda yang bernama SIM card alias kartu SIM. Ya, SIM Card ini merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hp android. Namun yang jadi pertanyaannya disini, apakah kamu pernah mengalami kondisi dimana kartu SIMnya error dan tidak terbaca? Ya, kondisi erornya pada SIM Card ini membuat kita tidak bisa lagi mengakses internet, tidak bisa SMS, dan tidak bisa telepon. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang cara mengatasi SIM Card tidak terbaca tersebut, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Cek Kartu SIMnya

Sangat penting bagi kamu untuk mengecek kartu SIMnya terlebih dahulu, saat terjadi error. Ya, dengan begitu, kamu pun dapat memastikan tentang kondisi dari kartu SIMnya. Hal ini ditakutkan karena kartu SIMnya yang sudah dipenuhi dengan debu dan kotoran lainnya, sehingga fungsinya menjadi tidak terbaca. Jika memang benar karena kartu SIMnya kotor, segera bersihkan dengan menggunakan tisu secara hati-hati.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Cara kedua yang harus dicoba dalam mengatasi SIM Card yang tidak terbaca, yakni dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Silahkan aktifkan mode pesawatnya pada pengaturan, tunggu sekitar 1 – 2 menitan, lalu matikan kembali mode pesawatnya. Jika sudah demikian, maka kartu SIMnya akan kembali lagi terbaca.

3. Restart Ulang

Menurut kabar yang beredar, salah satu faktor penyebab kartu SIM menjadi tidak terbaca dikarenakan penggunaan hp androidnya yang sudah terlalu lama, sehingga akan mengganggu beberapa fungsinya termasuk SIM Card yang error. Maka dari itu, cobalah untuk merestart hp androidnya.

4. Factory Reset

Dalam proses factory reset ini, mau tidak mau hp androidmu akan kembali lagi seperti pada awal membelinya. Dengan kata lain, hp androidmu akan kembali pada bawaan pabriknya.

5. Menggantinya Dengan Yang Baru

Apabila semua cara yang diatas tadi sudah dilakukan namun tidak berhasil, maka cara yang terakhir inilah yang menjadi solusi terbaiknya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 cara simple yang ampuh untuk mengatasi SIM Card yang tidak terbaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.