Berjalan Pakai Sandal Refleksi Bisa Atasi Asam Urat?

Posted on

sandal refleksi asam urat

Selain pijat, banyak orang juga percaya bahwa jalan-jalan dengan pakai sandal refleksi bisa bantu atasi asam urat. Benar atau tidak, ya?

Menumpuknya asam urat di sendi bisa sebabkan bengkak, merah, dan nyeri. Kondisi ini umumnya terjadi pada malam hari, bisa berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Jika dibiarkan, ada ancaman kerusakan sendi permanen (artritis). Karenanya, asam urat mesti diobati dengan tepat. Salah satu tindakan yang cukup populer adalah berjalan pakai sandal refleksi. Namun, benarkah pakai sandal tersebut bisa atasi asam urat?

Sandal refleksi untuk asam urat
Refleksi adalah salah satu bentuk pijat dengan fokus di bagian telapak dan sekitarnya. Pijat ini dipercaya berkhasiat pada kesehatan tubuh karena menekan titik-titik tertentu yang langsung memengaruhi organ dalam. Tak perlu repot pergi ke tempat pijat refleksi, sekarang sudah banyak tersedia sandal refleksi untuk mencapai tujuan yang sama.

Sandal refleksi memiliki desain khusus, dengan bagian dasar dipenuhi tonjolan yang mengikuti letak titik refleksi telapak kaki. Saat sandal dipakai untuk berjalan, maka secara otomatis berat badan akan memberi tekanan pada titik refleksi yang ada di sandal.

Dikatakan oleh dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, beberapa penelitian mengatakan bahwa sandal refleksi bisa memberikan manfaat layaknya pijat refleksi. “Yaitu bisa memperlancar aliran darah, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi intensitas nyeri akibat asam urat,” kata dr. Dejandra.

Meski begitu, penelitian yang ada tetap belum bisa dijadikan sebagai acuan, sehingga pemakaian sandal refleksi masih belum terbukti dapat mengatasi asam urat.

“Perlu diingat, asam urat tidak bisa disembuhkan. Penyakit ini hanya bisa dikendalikan untuk menurunkan angka kekambuhan dan meredakan gejala,” kata dr. Dejandra mengingatkan.

Cara-cara yang terbukti dapat mengendalikan asam urat
Berikut ini adalah cara-cara yang terbukti dapat mengendalikan penyakit asam urat supaya gejalanya tak sering mengganggu.

  • Minum air putih 2 liter per hari.
  • Hindari konsumsi alkohol dan minuman yang mengandung pemanis fruktosa.
  • Batasi konsumsi makanan yang menyebabkan asam urat meningkat seperti daging merah, jeroan, kerang, dan udang.
  • Olahraga 3-5 kali per minggu dengan durasi selama 30-60 menit.
  • Kontrol berat badan agar tetap berada di rentang ideal.

Berjalan kaki pakai sandal refleksi hingga detik ini masih belum terbukti bisa atasi asam urat. Walaupun demikian, sandal tersebut bisa Anda jadikan terapi alternatif untuk mengurangi intensitas gejala yang muncul. Optimalkan dengan diet rendah purin dan gaya hidup sehat lainnya untuk menekan angka kekambuhan penyakit ini serendah mungkin.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.