Berminat untuk Pasang AC di Rumah? Yuk, Perhatikan 4 Tips Ini!

Posted on

pasang ac

Hidup di negara yang punya iklim tropis membuat kita membutuhkan teknologi yang bernama AC saat musim kemarau. Bagaimana tidak, dengan memasang AC, maka saat musim kemarau kamu tidak perlu khawatir lagi akan merasakan suhu udara panas di dalam ruangan. Meski terkadang keberadaan AC menimbulkan pembengkakan terhadap tagihan listrik, tetapi tetap saja banyak orang yang memasang AC demi menciptakan kesejukan di dalam ruangan.

Beberapa di antara kamu mungkin sudah pasang AC saat ini. Bagi orang-orang yang berniat untuk pasang AC dalam waktu dekat ini, sebaiknya pahami beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu:

  1. Cek daya dan instalasi listrik

Cari tahu terlebih dahulu berapa besar daya listrik di rumah kamu. Seperti yang kita ketahui, AC nantinya akan mengeluarkan daya listrik yang cukup besar. Jika daya listrik di rumah kamu tidak kuat untuk menampung AC, dikhawatirkan akan terjadi overload sehingga berpotensi konslet.

  1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Setelah mengecek daya dan instalasi listrik, langkah selanjutnya adalah mengukur ruangan yang ingin dipasang AC. Setelah tahu berapa luas ruangannya, itu akan memudahkanmu untuk mencari ukuran PK yang sesuai sehingga dapat mengeluarkan udara sejuk yang optimal.

Baca juga :  Cara Mudah Memilih Toko Online Terpercaya

Sebagai gambaran, jika luas ruangan 10 m2, maka kamu bisa pakai ukuran ½  PK. Apabila luas ruangan 14 m2, maka kamu bisa pakai ¾ PK.

  1. Pilih tipe AC sesuai kebutuhan

Tips selanjutnya adalah memahami tipe AC apa yang ingin dipasang di rumah. Jika kamu ingin pasang AC lebih dari 1 ruangan, disarankan untuk membeli AC multi split sekaligus dibandingkan beli 2 AC inverter. Hal tersebut dilakukan guna menghemat tempat pemasangan AC serta daya listrik. Jika kamu berdomisili di Jakarta dan hendak beli AC multi split, sebaiknya kunjungi toko AC Daikin Jakarta. Kamu bisa menemuinya di berbagai daerah, seperti Cilandak, Pramuka, dan lain-lain.

Akan tetapi, jika ingin hemat pemakaian energi listrik dan hanya memasang AC di 1 ruangan saja, kamu bisa menggunakan tipe AC low watt.

  1. Tutup lubang ventilasi atau jendela

Udara yang dikeluarkan dari AC akan percuma jika ruanganmu masih terbuka, entah itu dari ventilasi, pintu, atau jendela. Oleh karena itu, tutup ventilasi terlebih dahulu jika ingin pasang AC. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC serta meringankan kinerja mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.