Bikin Penasaran! Berapa Lama Insentif Kartu Prakerja Cair?

Posted on
insentif kartu prakerja
Image: https://unsplash.com/photos/FWVMhUa_wbY

Selama pandemi berlangsung, apa yang udah kamu lakukan selain banyak rebahan? Pastinya banyak ya. Tapi, jangan terlena sama situasi yang mengharuskan kita better di rumah aja ini. Dalam arti, mengembangkan potensi diri dan belajar hal baru juga bisa membantu kita melewati masa sulit. Plusnya, pelajaran baru itu akan bermanfaat di masa depan. Itu sebabnya daftar program Kartu Prakerja dari pemerintah patut dipertimbangkan kalau kamu lagi jobless atau baru lulus kuliah. Simak yuk, syarat daftar kartu Prakerja di bawah ini!

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sebelum ke prakerja.go.id, pastikan syarat daftar Kartu Prakerja di bawah ini ada di kamu.

  • WNI berusia 18 tahun keatas dan nggak lagi sekolah/kuliah.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
  • Selain itu, kamu juga harus daftar sesuai gelombang yang tersedia di domisili kamu dan selama kuota masih ada.

Tentu saja untuk bisa menikmati pencairan prakerja, kamu harus terdaftar di website Prakerja. Cek lagi syarat daftar Kartu Prakerja tersebut. Lalu, ikuti langkah berikut ini.

  • Daftar dan login ke Dashboard Prakerja untuk verifikasi KTP dan nomor hp. Untuk kamu yang memilih GoPay sebagai rekening insentif, pastikan nomornya sama dengan nomor yang digunakan di aplikasi Gojek.
  • Isi tes Motivasi & Kemampuan Dasar.
  • Setelah selesai, hasil tes akan dievaluasi. Tunggu sekitar 5 menit atau klik tombol Refresh kalau nggak ada perubahan setelah 5 menit.
  • Selanjutnya, seleksi gelombang. Jumlah kuota peserta yang lolos seleksi akan disesuaikan setiap kali pembukaan. Goodluck!

Berapa Lama Insentif Kartu Prakerja Cair?

Baca juga :  Informasi Tentang Lowongan Logistik Expor Impor

Banyak banget peserta yang penasaran berapa lama insentif Kartu Prakerja cair. Jawaban secara umumnya, insentif bisa cair dalam 7×24 jam. Syaratnya, kamu wajib mendapatkan sertifikat kelulusan dulu kemudian submit. Kamu akan mendapat insentif bulanan senilai Rp600 ribu selama 4 bulan.

Pastikan nomor hp GoPay Prakerja yang didaftarin sama dengan nomor akun GoPay yang selama ini kamu gunakan. Insentif ini bisa ditransfer ke rekening bank asalkan udah upgrade GoPay Plus.

Penting: pastikan nomor NIK (e-KTP) yang kamu masukkan sat daftar Prakerja sama dengan yang tercatat dalam akun GoPay-mu supaya penerimaan insentif lancar.

Keuntungan Kartu Prakerja Gelombang 13

Bulan Maret ini, peserta akan merasakan keuntungan Kartu Prakerja Gelombang 13. Apa aja tuh?

  1. Lebih bersemangat untuk mengembangkan potensi dan percaya diri karena punya keterampilan tambahan.
  2. Akses mudah ke berbagai pelatihan secara digital.
  3. Dukungan biaya pelatihan.
  4. Dapat insentif yang bisa kamu manfaatin selagi mencari kerja baru.

Insentif bulanan yang akan kamu terima cukup buat jaga-jaga sambil cari kerja baru. Yang penting, selama pandemi, kamu nggak stuck gitu-gitu aja, minimal aktif menggali potensi lain yang mungkin baru kamu temukan.

Baca juga :  Lowongan Kerja PT Telkomsel 2012

Pilihan pelatihannya juga variatif dan luas, mulai dari manajemen, bahasa asing, sampai dengan memasak ada disini. Mestinya sih nggak sulit ya, memilih satu dari banyak pilihan karena kamu tau apa yang ingin dipelajari.

Program Kartu Prakerja terbukti udah mempermudah banyak peserta mendalami passion mereka. Contohnya, Praska, alumni Kartu Prakerja yang berhasil meracik kopi sendiri serta mengembangkan usaha di bidang kuliner setelah dapat sertifikat pelatihan. Kamu mau juga kan berkarya dengan passion-mu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.