Cara Berhenti Merokok Seumur Hidup

Posted on

cara berhenti merokok

Berbicara hal yang paling berbahaya untuk kesehatan adalah rokok. Memang bukan rahasia lagi jika merokok dapat berdampak buruk untuk kesehatan seseorang. Karena hal itu, sekarang banyak perokok yang mulai mencari cara berhenti merokok dan memulai hidup sehat.

Memang tidak mudah menghentikan kebiasaan merokok, tapi secara perlahan-lahan anda bisa melakukannya mulai dari berolahraga, menghindari hal yang memicu anda untuk merokok seperti berkumpul dengan teman perokok atau bisa juga mengganti kebiasaan merokok dengan mengunyah permen karet.

Bagaimanapun alasannya merokok menyebabkan banyak dampak negatif bagi tubuh anda. Tak hanya berimbas pada menurunnya kesehatan si perokok aktif saja, tapi bagi orang-orang disekitar perokok atau yang biasa disebut perokok pasif pun akan mengalami dampak yang sama.

Pasalnya, perokok pasif justru dapat menerima efek yang lebih buruk dibanding perokok aktif. Terlalu sering terpapar asap rokok juga berbahaya bagi kesehatan para perokok pasif. Asap rokok ini juga dapat memicu beragam penyakit yang akan timbul pada perokok pasif tersebut.

Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Jika terlalu sering menghirup asap rokok terutama bagi perokok pasif, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker paru-paru sebanyak 25 persen. Jumlah ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan risiko kanker yang akan diterima perokok aktif itu sendiri. Selain itu, perokok pasif juga mendapat risiko terkena penyakit jantung koroner yang tinggi.

Tak hanya itu, bagi Anda perokok aktif yang mungkin saat ini memiliki istri yang sedang hamil pun juga wajib tau. Pasalnya, jika Anda merokok didekat istri yang sedang hamil, dapat berbahaya untuk kesehatan istri Anda. Hal ini pun juga nantinya akan berdampak pada janin yang ada di dalam kandungan istri Anda.

Baca juga :  4 Tips Supaya Tubuh Kamu Wangi Seharian

Pasalnya, wanita hamil yang sering tekena asap rokok ini akan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi penyakit seperti keguguran, bayi lahir dalam keadaan meninggal, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

Bagi anak-anak pun yang sering terpapar asap rokok, dapat membahayakan kesehatannya. Hal ini karena anak bisa terserang berbagai macam penyakit seperti sesak nafas, asma, batuk, alergi, bahkan sampai menurunkan kemampuan kognitif anak tersebut.

Melihat banyaknya dampak buruk ini, maka bagi Anda para perokok aktif pun saat ini harus mulai mencari cara berhenti merokok. Alasan utamanya adalah supaya orang-orang disekitar Anda tetap sehat dan begitu juga Anda. Jadi tidak usah berlama-lama lagi, Anda harus segera mengetahui cara menghentikan kebiasaan merokok.

Berhenti Merokok Untuk Hidup Sehat

Ada banyak cara berhenti merokok yang dapat Anda coba. Cara-cara ini pun tergolong sangat mudah dan dapat Anda lakukan kapan saja tanpa mengganggu aktivitas Anda. Bahkan, cara menghentikan kebiasaan merokok ini dapat membuat Anda sepenuhnya terbebas dari rokok dan tidak akan tergoda kembali dengan rokok.

Cara berhenti merokok seumur hidup pertama yang dapat Anda coba adalah dengan banyak-banyak melakukan olahraga. Mengapa demikian? Pasalnya dengan Anda rajin meluangkan waktu untuk berolahraga, maka dapat mengalihkan keinginan Anda untuk merokok. Selama Anda berolahraga inilah, dijamin hasrat ingin merokok Anda tidak akan muncul.

Baca juga :  6 Cara Memacu Kreativitas Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Cobalah untuk meluangkan waktu selama 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Ada beragam olahraga ringan yang dapat Anda coba, seperti bersepeda atau jogging. Anda juga dapat melakukan aktivitas ini bersama dengan teman atau keluarga agar lebih cepat melupakan atau menekan keinginan untuk merokok.

Berikutnya, bagi Anda yang ingin berhenti merokok seumur hidup, wajib mengonsumsi buah dan sayur dengan rutin. Pasalnya dengan mengonsumsi buah dan sayur ini dapat bermanfaat untuk mengalihkan kebiasaan merokok Anda. Ketika Anda merasa ingin merokok, maka langsung saja makan sayur dan buah.

Susu juga dapat menjadi salah satu cara berhenti merokok yang cukup ampuh. Pasalnya, kandungan dalam susu ini mampu memicu sinyal ke otak Anda yang membuat Anda berhenti merokok secara perlahan. Itulah beberapa dampak dan cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dampak lainnya bisa dilihat pada https://www.cekaja.com/info/cara/-berhenti-merokok-dan-meningkatkan-stamina-untuk-perokok-aktif/. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.