Cara Membuat Kue Lapis Dikukus

Posted on

cara membuat kue lapis

Kue lapis adalah jajanan yang sering banyak dijual di pasaran atau toko kue. Selain itu kue lapis ini terkenal dengan kelezatannya dan rasanya yang memiliki khas tersendiri. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Kue lapis ini terdiri dari dua warna atau bisa lebih yang berlapis-lapis, makanya kue ini diberi nama kue lapis. Nah jika kalian ingin membuat kue lapis ini yang memiliki rasa legit dan manis. Disini akan memberikan resep dan cara membuat kue lapis.

Kue lapis dari tepung beras

Untuk bahannya adalah :

  1. 300 gram tepung beras
  2. 150 gram tepung tapioka
  3. 300 gram gula pasir
  4. 1500 ml santan
  5. 1 bungkus vanili
  6. 1 sendok teh garam
  7. Loyang berukuran 20x20x7
  8. Perwarna pasta pandan dan merah rose

Cara membuatnya :

Untuk yang pertama kalian sediakan wadah yang lumayan besar, lalu masukan gula pasir 300 gram, satu bungkus vanili, 1 sendok teh garam. Setelah itu aduk sebentar, jika sudah masukan santan secara sedikit demi sedikit aduk hingga semua menjadi kalis dan gulanya menjadi larut. Jika kalian langsung menuangkan santannya hal tersebut akan membuat adonan menjadi tidak merata dan akan menjadi bergerigil.

Jika menurut kalian semua bahan sudah tercampur dan sudah larut, maka masukan kembali santannya. Lalu aduk lagi sambil tuangkan semua santannya kedalam wadah, aduk lagi kurang lebih 3 sampai 5 menit. Jika sudah cukup kemudian kalian siapkan tiga buah wadah untuk membagi bahan yang sudah dibuat tadi.

Baca juga :  2 Resep Cara Membuat Cakwe

Nah caranya, adonan yang tadi dibagi menjadi tiga tersebut untuk wadah yang pertama masukan empat gelas adonan kedalam wadahnya, kemudian untuk wadah ke dua diisi dengan dua gelas saja dan wadah yang ketiga juga sama diisi dengan dua gelas. Nah selanjutnya berikan pewarna, untuk wadah pertama yang diisi empat gelas tidak perlu diberi perwarna, sedangkan untuk yang kedua dan ketiga diberi warna merah rose dan pasta pandan.

Setelah itu kalian siapkan loyangnya, sebelum menuangkan adonan ke dalam loyang kalian bisa oleskan minyak terlebih dahulu untuk dibagian dalam pinggir loyang, agar mudah untuk mengeluarkannya. Dan juga tambahkan alas tengahnya menggunakan plastik.

Setelah itu siapkan untuk pengukusannya terlebih dahulu dan panaskan hingga mendidih. Nah setelah itu untuk cara penggabungan semua warna itu, yang pertama kalian tuangkan sedikit yang warna putih ke dalam loyang 1 sendok sayur cukup merata saja. setelah itu langsung kukus selama 5 menit, kemudian jika sudah 5 menit kalian bisa langsung tambahkan dengan yang warna merah rose itu, lalu tunggu 5 menit lagi agar terlihat berlapis-lapisnya.

Baca juga :  4 Tips Sukses Jual Rumah

Nah setelah warna merah masuk dan sudah ditunggu 5 menit. Kemudian masukan bahan yang terakhir yaitu warna hijau pandan, nah sama seperti yang pertama masukan juga bahan adonan yang warna hijau sebanyak satu sendok sayur juga untuk menjadi lapisan bagian ketiga. Nah jika sudah seperti itu kalian bisa melakukannya secara terus menerus hingga adonannya habis jika sudah semua masuk ke dalam loyang adonannya. Lalu kalian bisa kukus lagi selama kurang lebih 20 menit agar benar-benar matang semuanya. Nah jika sudah, angkat kue lapis ini dan keluarkan dari loyang dan simpan di piring. Kue lapis pun siap untuk kalian makan bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.