Cara Membuat Makanan Sehat yang Tidak Rumit

Posted on

Kebanyakan orang bingung bagaimana membuat makanan sehat menjadi bagian dari diet mereka. Meski “membingungkan”, cara membuat makanan sehat tidak perlu rumit atau mahal. Anda bahkan tidak perlu keluar dari cara Anda membeli bahan-bahan untuk membuat makan siang atau makanan yang sehat.

cara membuat makanan sehat

Faktor Penting Cara Membuat Makanan Sehat

Salah satu faktor terbesar dalam cara membuat makanan sehat adalah tangan orang yang akan menyiapkannya. Sebagian besar, jika tidak semua, penyakit yang ditularkan melalui makanan dapat disalahkan pada orang yang akan membuatnya. Karena masalah bisnis dan komplikasi kehidupan, pembuat makanan tidak lagi mencuci tangan dan hanya memotong, mencincang, dan menggorengnya! Beberapa orang akan mencuci sebelum memotong dan mengiris, tetapi akan lupa untuk mencuci lagi ketika mereka mengambil bawang yang tidak dikupas atau mengiris dari ayam ke tomat. Detail kecil ini dapat menyebabkan bakteri berpindah dari kulit bawang ke tangan dan ke daging. Jadi, selalu mencuci tangan Anda meskipun itu pekerjaan yang terlalu rendah.

Faktor lain adalah peralatan yang digunakan untuk memasak. Apakah Anda mencuci peralatan yang Anda dapatkan dari lemari sebelum menggunakannya atau apakah Anda, seperti kebanyakan orang, hanya akan percaya bahwa tidak ada kecoak, semut, atau tikus yang merangkak di atasnya? Salah satu kesalahan yang dilakukan para pembuat makanan adalah mereka mempercayai pintu lemari untuk menjauhkan serangga dan tikus. Seekor serangga sekecil semut telah merayap di semua tempat, jadi bayangkan saja berapa banyak bakteri yang dimiliki satu semut. Kemudian bayangkan semut kecil yang dipenuhi bakteri ini berjalan di atas meja memasak Anda, papan pemotong, pisau dan spatula.

Faktor berikutnya paling benar terutama ketika mengadakan pesta. Ketika Anda mengadakan pesta dan ingin menunjukkan bakat Anda di dapur, Anda biasanya mulai menyiapkan menu setidaknya 3 jam sebelum tamu Anda mulai berdatangan. Setelah memasak makanan, kita akan meninggalkannya di atas meja (tertutup atau terbuka), selanjutnya kita akan mandi dan menyegarkan diri. Tidak ada yang salah dengan gambaran ini kecuali bahwa makanan semakin dingin sementara kita menunggu dan menyambut tamu-tamu kita. Dan begitu makanan menjadi dingin, bakteri akan mulai tumbuh dan merasuki makanan Anda! Inilah alasan mengapa para katering memiliki nampan penyaji dan penghangat makanan (chafing dish). Bakteri tidak akan berkembang dalam suhu yang lebih tinggi dari 250 °F. Karena itu, jika Anda ingin menyelamatkan tamu Anda dari sakit perut, maka lebih baik pastikan bahwa hidangan panas tetap panas dan hidangan dingin tetap dingin.

Ini hanya beberapa tips tentang cara membuat makanan sehat. Makan Sehat, Jadilah Sehat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.