Cara Menata Rumah Agar Terasa Nyaman

Posted on

cara menata rumah

Cara menata rumah agar terasa nyaman – Rumah adalah tempat beristirahat selepas melakukan aktivitas seharian. Ketika pulang ke rumah kita berharap suasana rumah dapat membuat rasa nyaman dalam melepas kepenatan. Namun, ada kalanya rumah tidak bisa memberikan kenyamanan yang diharapkan untuk rehat dari kepenatan, bahkan bisa jadi suasana rumah membosankan. Karena itu, menata rumah dengan baik merupakan suatu hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi tempat yang nyaman saat menghabiskan waktu setelah seharian bekerja atau ketika beraktivitas di dalamnya.

Menata rumah bisa disebut gampang-gampang susah. Apalagi jika rumahnya tipe rumah minimalis yang memiliki ruangan sempit memang cukup sulit ditata rapi, ditambah lagi kalau memiliki barang-barang atau perabot rumah tangga yang banyak akan menjadikan suasana rumah terkesan pengap.

Namun jangan kecil hati, sebenarnya kita bisa merubah suasana rumah supaya terlihat rapi dan menarik. Silahkan simak beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menata rumah agar terasa nyaman saat beristirahat dan betah beraktivitas di dalamnya.

1. Taruh barang pada tempatnya
Menata rumah bisa dimulai dengan tidak membiarkan barang-barang menumpuk dan berserakan dimana-mana, yang membuat kesan rumah berantakan. Untuk menatanya, sediakan tempat khusus untuk menyimpannya, berupa laci, wadah atau kabinet.

Tentu dengan membuat tempat penyimpanan khusus barang-barang, rumah akan terlihat lebih rapi. Selain itu, kita tidak kesulitan untuk mencari disaat memerlukannya. Namun, hal ini tetap membutuhkan kedisiplinan yaitu ketika habis menggunakan barang tersebut, kita harus menyimpannya kembali ke tempatnya. Khusus untuk barang-barang bekas, kita bisa menyimpannya di gudang atau dengan cara menjual barang bekas di internet.

2. Bersihkan rumah secara berkala
Membersihkan rumah adalah cara yang paling efektif dalam menata ruma. Rumah akan terlihat rapi jika kita sering membersihkannya. Untuk itu, kita bisa membuat jadwal rutin membersihkan rumah secara bergiliran dengan anggota keluarga lainnya setiap satu minggu sekali terutama di akhir pekan.

Bersihkan rumah dari kotoran dan debu dengan cara menyapu dan mengepel. Jangan lupa juga untuk membersihkan dinding dan tembok dari jamur. Seluruh ruangan yang ada di dalam rumah harus rutin dibersihkan, termasuk mengelap perabotan rumah tangga.

3. Pilih warna cat rumah yang sesuai
Bagus tidaknya pemilihan warna cat rumah memang tergantung selera. Namun, penggunaan cat rumah akan berdampak pada suasana rumah tersebut. Sebab warna cat rumah merupakan salah satu unsur penting dalam menata rumah.

Dalam memilih warna cat rumah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, diantaranya kombinasi warna dasar, jenis ruangan, warna furnitur dan luas ruangan. Sebab warna cat rumah mampu menciptakan kesan lebih hidup pada sebuah ruangan.

Karena itu, dalam menentukan warna cat rumah harus disesuaikan dengan luas ruangan dan pernak-pernik yang ada di dalam rumah agar rumah terasa lebih nyaman.

4. Pilihlah perabot dengan bijak
Pemilihan perabot rumah haruslah bijak yaitu yang betul-betul kita butuhkan dan sesuai dengan ukuran ruangan rumah. Janganlah sampai rumah terkesan sempit penuh dengan furnitur, sehingga menata rumah tidak efektif.

Apabila rumah minimalis, pilihlah perabot atau furnitur yang minimalis pula misalnya seperti memilih rak tv minimalis. Sesuaikan juga warna furnitur dengan dinding ruangan, agar ruangan terlihat lebih luas.

5. Atur sirkulasi udara dan cahaya
Dalam menata rumah, sirkulasi udara dan pencahayaan merupakan salah satu hal yang utama. Sebab, meskipun rumah telah ditata dengan rapi, namun jika sirkulasi udara dan cahaya kurang maka rumah akan terasa lembab dan kurang sehat.

Karena itu, pasanglah pintu dan jendela di setiap ruangan dengan ukuran sesuai. Lebih bagus lagi membuat jendela berkaca yang bisa dibuka dan ditutup. Bukalah jendela khususnya setiap pagi agar cahaya matahari dan sirkulasi udara alami bisa masuk ke dalam rumah dengan lancar. Sehingga rumah menjadi terasa segar dan nyaman.

Itulah beberapa cara menata rumah agar terasa nyaman yang dapat dawaihati sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.