Cara Menghemat BBM Kendaraan Roda Dua

Posted on

cara menghemat bbm

Konsumsi bahan bakar bisa menjadi salah satu faktor yang membebani pengeluaran keluarga setiap bulannya. Meskipun hal ini tidak terlalu berdampak pada penggunaan kendaraan roda dua, namun tetap harus dilakukan karena masih banyak cara menghemat BBM. Lalu apa saja cara menghemat BBM motor yang bisa anda coba? Berikut ulasannya untuk anda.

Manfaat Menghemat BBM Kendaraan Roda Dua
Sebelum membaca mengenai berbagai cara untuk menghemat BBM kendaraan roda dua dan ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan. Alasan tersebut bisa menjadi penyemangat kita untuk menghemat penggunaan BBM yang mana dari tahun ke tahun harganya semakin mahal. Berikut manfaatnya yang bisa kita dapatkan.

1. Mengurangi Polusi Udara
Sama halnya kendaraan roda empat, kendaraan roda dua juga menjadi salah satu sumber polusi udara. Alasannya jelas karena jumlah kendaraan roda dua lebih banyak ketimbang kendaraan roda empat. Dengan menghemat penggunaan BBM, dampak positif yang bisa kita rasakan adalah udara yang lebih segar seperti saat Sabtu atau Minggu pagi dimana jarang ada motor.

2. Tidak Perlu Khawatir Harga BBM Naik
Hal kedua yang akan menjadi alasan mengapa menghemat penggunaan BBM kendaraan roda dua memiliki manfaat adalah karena kita tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga BBM yang bisa saja terjadi setiap dua tahun atau satu tahun sekali. Alasannya karena kita sudah terbiasa berhemat sehingga kenaikan harga tersebut tidak semakin membebani pengeluaran kita setiap bulannya.

3. Meringankan APBD Negara
Untuk negara sendiri apabila warganya melakukan berbagai cara menghemat BBM, maka selain menjaga lingkungan dari polusi udara, dapat juga meringankan APBD. Mengapa demikian? Alasannya tentu saja adalah karena BBM yang dijual saat ini masih merupakan hasil subsidi pemerintah. Oleh karena itulah kebutuhan yang berkurang maka subsidi pun berkurang.

Cara Menghemat BBM Kendaraan Roda Dua
Setelah mengetahui berbagai manfaatnya diatas, kita memiliki alasan yang kuat untuk semakin menghemat penggunaan BBM. Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah untuk dipraktekkan sehari-hari dan juga dampaknya akan sangat terasa untuk anda. Berikut ulasan yang bisa anda coba segera.

1. Optimalkan Isi Angin Dalam Ban
Siapa sangka ban yang kurang angin akan menyedot banyak bahan bakar kendaraan roda dua anda. Oleh karena itulah pastikan isi angin dalam ban anda baik depan maupun belakang tetap optimal, tidak terlalu keras juga tidak terlalu kurang angin. Ban yang kurang angin akan memiliki luas permukaan gesekan yang lebih besar. Dengan demikian tenaga yang dibutuhkan semakin besar.

Kebutuhan tenaga yang besar ini jelas juga akan berdampak pada konsumsi BBM anda yang lebih besar juga. Jenis angin yang mengisi ban juga seringkali berbeda dampaknya, seperti contohnya angin berisi Hydrogen lebih nyaman ketimbang angin biasa. Oleh karena itulah, sebelum anda berpergian terutama jarak jauh, cek kembali tekanan angin.

2. Kurangi Beban Kendaraan
Hampir sama dengan ban yang sedikit kempes, ban yang terlihat kempes saat membawa beberapa orang juga berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM nya. Alasannya selain berhubungan dengan ban seperti pada poin diatas, membawa beban lebih berat berarti membutuhkan tenaga lebih besar yang jelas membutuhkan BBM lebih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, kurangi juga jalan yang penuh dengan tanjakan karena kebutuhan bahan bakarnya akan berlipat-lipat jumlahnya.

3. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi
Tidak perlu menjadi ahli kimia untuk memahami oktan BBM. Intinya, semakin tinggi nilai oktannya maka semakin sempurna pembakarannya. Semakin sempurna pembakaran pada mesin maka akan semakin baik pula tenaganya. Alhasil penggunaan bahan bakarnya juga akan lebih sedikit terutama bila dipadukan dengan poin kedua dalam cara menghemat BBM motor ini.

4. Gunakan Seperlunya
Yang berdampak drastis dalam cara menghemat BBM kendaraan bermotor roda dua adalah lebih baik menggunakan kendaraan roda dua anda seperlunya. Terutama apabila anda memiliki kendaraan ramah lingkungan lainnya seperti sepeda, otopet, sepatu roda, skateboard, dan lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan cara diatas? Silahkan mampir ke https://www.cekaja.com/info/6-cara-menghemat-bbm-agar-tak-boros-bahan-bakar-dan-uang/ untuk melihat manfaat lain yang anda dapatkan dari menghemat BBM kendaraan roda dua ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.