Cerdas Menata Ruang Kantor agar Kerja Makin Nyaman

Posted on

Kantor yang nyaman akan membuat karyawan merasa betah dan senang bekerja di sana. Kebahagiaan yang mereka rasakan akan membuat produktivitas meningkat. Karena ide, kreativitas, hingga semangat kerja akan meningkat apabila seseorang (karyawan) merasa bahagia. Sebaliknya, jika tempat kerja terasa membosankan dan tidak menyenangkan, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas pada karyawan.

cara menata ruang kantor

Kursi kantor yang di tata dengan apik, ukuran meja yang tepat, jarak pandang yang luas, hingga ruangan yang membuat kita leluasa bergerak saat bekerja adalah faktor penting. Nah, jika ingin tetap merasa nyaman saat bekerja di kantor, kamu wajib menata ruang kantor sedemikian rupa agar enak saat digunakan untuk bekerja. Di antara caranya adalah:

Pilihlah meja dan kursi kantor yang tepat
Kursi kantor maupun meja sebaiknya tidak dipilih sembarangan. Pasalnya, sebagian besar waktu yang akan dihabiskan oleh karyawan ketika berada di 2 perabotan ini. Jika kedua benda tersebut bisa memberikan rasa nyaman kepada siapapun yang duduk dan bekerja di sana, maka tidak sulit bagi si karyawan untuk berekspresi.

Tempatkan meja maupun kursi kerja di tempat yang tepat
Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja seseorang saat duduk dibalik meja. Mulai dari cahaya, pandangan, hingga keleluasaannya dalam bergerak. Mari kita bahas satu per satu.

  • Cahaya memiliki peranan yang sangat besar dalam mempengaruhi kinerja maupun produktivitas karyawan. Jika kantor mengandalkan cahaya matahari. Pastikan meja kerja tidak menghadap langsung ke arah datangnya cahaya atau sebaliknya. Hadapkan meja agar menyampingi arah cahaya. Posisi ini sangat baik terutama apabila karyawan sering bekerja dengan menggunakan komputer.
  • Jarak pandang seorang karyawan ketika bekerja juga bisa mempengaruhi kreativitas maupun produktivitas mereka. Jarak pandang yang terbatas akan membuat karyawan cepat jenuh dan minim ide. Sebaliknya, jarak pandang yang luas akan membuat karyawan tidak hanya terpaku pada dinding pembatas yang membuat idenya sulit berkembang.
  • Meja dan kursi kerja juga sebaiknya ditempatkan di tempat yang memudahkan karyawan untuk bergerak. Jangan menempatkan meja dan kursi di tempat yang sempit sehingga karyawan malas bergerak atau beranjak dari sana.

Tempatkan meja-meja kerja di tempat paling strategis
Carilah tempat yang paling ideal atau paling strategis untuk menempatkan meja kerja. Misalnya, jika karyawan sering mencari file atau berkas, pastikan meja kerja mereka membelakangi kabinet atau dimana file tersebut disimpan. Atau bisa juga diletakkan di samping kabinet untuk menghemat waktu yang dibutuhkan dalam mencari dan mendatangi tempat file tersebut berada.

Hindari menata meja ke arah keramaian
Ada banyak hal yang bisa menarik perhatian dan menyebabkan konsentrasi jadi buyar. Selain suara bising, orang-orang yang berlalu lalang atau beraktivitas di hadapan kita (karyawan) adalah pengganggu yang sangat sulit dihindari. Apalagi kalau karyawan punya sifat kepo yang besar. Mereka akan sulit berkonsentrasi saat bekerja jika ada seseorang yang lewat di hadapannya.

Tidak hanya satu, kamu perlu menambah tempat sampah di kantor
Tempat sampah merupakan benda penting yang tidak boleh dilupakan. Jika perlu, sebuah ruangan sebaiknya memiliki dua atau tiga tempat sampah. Mengapa harus sebanyak itu? Karena setiap bekerja, hampir setiap hari akan ada sampah yang dibuang oleh karyawan. Bagi mereka yang malas bergerak, kadang-kadang mereka membuang sampah tersebut sembarangan. Dan jika harus beranjak dari kursi, membuang sampah tentu saja akan menyita waktu dan berpotensi menyebabkan konsentrasi jadi buyar.

Jadi, agar karyawan tidak direpotkan dengan buang sampah dan agar kantor tetap nyaman digunakan untuk bekerja karena tidak ada sampah berserakan, tempatkanlah beberapa tempat sampah di tempat yang strategis terutama yang dekat dengan tempat duduk karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.