Dapatkan Dana Usaha di 5 Perusahaan Besar Modal Ventura yang Sudah Terdaftar OJK Berikut Ini

Posted on

dana usaha modal ventura

Untuk mendapatkan dana modal usaha memang gampang-gampang susah, terlebih bagi Anda yang baru mulai merintis bisnis (startup) atau bahkan sekelas UKM sekalipun, yang tentunya membutuhkan modal atau pendanaan. Nah, di sinilah modal ventura sangat dicari bagi para pengembang bisnis semacam stratup.

Terlebih, stratup juga dianggap sangat potensial menjadi salah satu ladang utama bagi para modal ventura untuk berinvestasi. Sebelumnya, modal ventura merupakan modal permulaan yang disediakan oleh investor swasta (pemodal ventura) atau juga bisa juga disebut sebagai lembaga keuangan khusus (perusahaan modal ventura), dimana modal ventura ini merupakan salah satu jenis pendanaan untuk membantu mengembangkan sebuah bisnis.

Karena perusahaan modal ventura disini sangat berperan penting dalam urusan pendanaan, maka dari itu perusahaan modal ventura bisa sangat selektif dalam memilih perusahaan (startup) yang akan menjadi target investasinya. Pasalnya, biasanya modal ventura hanya diberikan kepada perusahaan yang memiliki jenis industri dengan pertumbuhan yang tinggi, dimana risikonya juga akan tinggi.

Lalu dari mana perusahaan modal ventura bisa mempunyai dana yang banyak untuk membiayai modal bisnis perusahaan baru?

Nah, ternyata perusahaan modal ventura mempunya pundi-pundi utama yang menjadi modal investasi pemodal ventura, dimana para perusahaan ventura biasanya akan mengumpulkan modal investasi dari dana pensiun, perusahaan asuransi, dana abadi, dan investor individu kaya.

Berapa sih jumlah dana yang bisa diberikan perusahaan modal usaha kepada perusahaan baru?

Perusahaan ventura bisa memberikan dana atau modal usaha kepada perusahaan baru berkisar dari jutaan rupiah hingga ratusan juta dollar. Namun, biasanya perusahaan modal ventura akan memberikan pendanaan ke perusahaan yang jauh lebih matang, agar risiko bisnisnya lebih sedikit.

Lalu apa bedanya modal ventura dengan pinjaman modal usaha biasa?

Meski sering dikaitkan dengan pinjaman perusahaan, namun modal ventura dengan pinjaman itu jauh berbeda. Pinjaman merupakan pendanaan bisnis yang hanya didapat dari suatu perusahaan, yang dimana perusahaan ini mempunyai kewajiban kontraktual untuk membayar kembali jumlah pinjaman yang diberikan plus bunga dan dalam jangka waktu tertentu.

Sementara, modal ventura merupakan pendanaan bisnis, yang melibatkan kemitraan usaha, sehingga pemodal ventura (perusahaan modal ventura) akan menjadi bagian dari pemilik perusahaan melalui kepemilikan mayoritas saham yang diberikan.

Nah, bagi Anda yang belum tahu, berikut 5 perusahaan besar modal ventura yang ada di Indonesia dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. PT. Astra Mitra Ventura

Seperti namanya, PT. Astra Mitra Ventura masih merupakan anak perusahaan dari PT. Astra International Tbk, yang didirikan pada tahun 1991. PT. Astra Mitra Ventura yang merupakan perusahaan modal ventura ini didirikan untuk membangun perekonomian Indonesia, melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dan penyertaan modal yang disertai dengan aktifitas pendampingan kepada debitur dan pasangan usaha.

Misinya, perusahaan modal ventura ini ingin mendampingi dan turut tumbuh bersama dengan para debitur dan pasangan usaha, menjadi usaha yang maju, mandiri, modern, tangguh, kuat, berinovasi, berintegritas tinggi, serta memiliki pelayanan prima. Astra Ventura juga akan terus berkembang dan membuka diri untuk mendampingi usaha UKM Indonesia.

2. PT. Bina Artha Ventura

Perusahaan besar modal ventura Indonesia selanjutnya adalah PT. Bina Artha Ventura. Berdiri sejak Desember 2011, perusahaan modal ventura ini terdaftar serta aktif menjadi perusahaan jasa keuangan mikro yang menyediakan pinjaman modal usaha.

Tidak hanya itu, Bina Artha Ventura juga menyediakan akses pinjaman modal usaha secara individu bagi para pebisnis mikro rumah tangga yang berpenghasilan rendah.

3. PT. Celebes Artha Ventura

Untuk perusahaan modal ventura berikut ini didirikan pada tahun 1996. Perusahaan ini merupakan perusahaan investasi yang dinamis yang memiliki rekam jejak yang kuat. Celebes Artha Ventura juga biasanya mengoperasikan pembangunan usaha, yang memiliki fleksibilitas untuk berinvestasi sebagai pemegang minoritas.

Celebes Artha Ventura memiliki misi untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan Indonesia yang memiliki keunggulan komparatif yang berkelanjutan, demi memberikan dampak positif bagi masyarakat dan ekonomi secara keseluruhan.

Sebagai dana modal ventura, Celebes Capital bertujuan untuk berinvestasi pada usaha kecil dan menengah di Indonesia dengan potensi pertumbuhan yang tinggi.

4. LiMa Ventura

Perusahaan modal ventura yang satu ini merupakan perusahaan yang dapat mempertemukan wirausaha muda Indonesia dengan investor potensial yang bersedia mengambil risiko dalam mendampingi wirausaha muda Indonesia.

Selain itu, Lima Ventura juga ingin memastikan kesuksesan bagi wirausaha muda Indonesia dengan memberikan pendampingan yang paripurna.

5. PT. Sarana Kalsel Ventura

PT. Sarana Kalsel Ventura merupakan perusahaan modal ventura Daerah yang diresmikan oleh kementerian keuangan RI pada September 1997. Dimana perusahaan modal ventura ini dibangun untuk melaksanakan kebijaksanaan pemerintah untuk menumbuhkembangkan perusahaan-perusahaan dalam skala kecil-menengah di provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan penyertaan modal dan bantuan manajemen, Sarana Kalsel Ventura juga berusaha mengangkat potensi-pontensi produk unggulan daerah menjadi komoditas ekspor yang mampu bersaing di pasaran.

Nah, itulah beberapa perusahaan besar modal ventura Indonesia, untuk membantu mengembangkan perusahaan-perusahaan baru yang berpotensi di Indonesia. Lalu bagaimana agar bisa mudah mendapatkan dana usaha dari modal ventura? Anda bisa baca tips cara cepat mendapatkan dana usaha dari modal ventura di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/dana-usaha-modal-ventura/

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.