Empat Cara Mengobati Luka Lecet dengan Cara Sederhana

Posted on

cara mengobati luka lecet

Luka lecet kerap terjadi karena kulit bergesekan dengan permukaan yang lebih kasar. Hal itu menyebabkan pengelupasan pada lapisan terluar kulit, yaitu lapisan epidermis. Meskipun luka lecet termasuk ke kategori luka ringan, tetapi luka ini memerlukan perawatan. Kami sudah merangkum bagaimana cara merawat luka ringan agar mudah kering dan sembuh.

● Menggunakan Gula atau Tebu

Pertama, cara agar luka cepat kering adalah memanfaatkan gula atau tebu. Caranya adalah Anda hanya perlu menaburkan air tebu atau air gula ke bagian kulit yang terluka. Gula atau tebu tersebut berguna untuk mematikan kuman di kulit sehingga membantu luka lebih cepat kering dan sembuh.

● Mengobati Luka dengan Minyak Tawon

Daripada gula, penggunaan minyak tawon cenderung lebih efektif mengobati luka lecet supaya mudah kering. Anda tidak perlu ragu-ragu ataupun khawatir, penggunaan minyak tawon untuk luka lecet/ringan tidak menimbulkan efek kaku dan perih.

● Menggunakan Bubuk Kopi

Sudah sejak lama bubuk kopi digunakan sebagai bahan alami yang dinilai ampuh mengobati luka lecet-lecet. Cara menggunakannya cukup mudah, karena Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi ke permukaan kulit yang terluka (lecet). Silahkan melakukan perawatan ini secara teratur dan rutin, sekitar dua hingga tiga kali supaya luka mudah kering dan sembuh.

● Menggunakan Madu

Madu dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah luka lecet. Madu bisa membantu luka lecet supaya cepat kering dan mengelupas. Tidak hanya itu, madu adalah antiseptik alami bisa berguna untuk mencegah infeksi di luka.

Cara mengobati luka lecet menggunakan madu cukup sederhana dan mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu ke luka lecet di kulit. Sebelumnya, bersihkan kulit yang terluka menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk atau kain bersih. Untuk melakukannya cara ini adalah cukup dengan dua hingga tiga kali dalam sehari hingga luka mengering dan mengelupas.

Empat cara mengobati luka ringan sudah selesai kami bahas. Semoga dengan artikel kali ini Anda memperoleh manfaat. Sekian dari kami dan sampai berjumpa di lain waktu. Terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.