Inilah 5 Stasiun Terindah di Dunia yang Membuatmu Betah Menunggu Kereta

Posted on

Menunggu memang hal yang membosankan termasuk menunggu kereta yang terlambat datang ke stasiun, pasti bete rasanya apalagi bagi mereka yang menganut gaya hidup serba cepat. Namun, bagaimana jika stasiun keretanya memiliki fasilitas yang bersih dan nyaman? Tentu hal ini akan sedikit mengurangi kejenuhan para penumpang yang sedang menunggu. Bahkan bisa jadi penumpang akan betah berlama-lama di stasiun untuk menunggu kereta datang.

Berikut ini 5 stasiun terindah di dunia dengan arsitektur klasik dan punya interior ruangan megah nan mewah.

Gare Du Nord

Gare Du Nord
instagram.com

Stasiun ini dibangun dengan gaya khas Beaux-Arts, yang sangat cocok dengan ibukota Perancis. Maklum saja, tempat pemberhentian kereta ini memang berlokasi sangat dekat dengan Menara Eiffel. Waktu yang paling tepat saat berkunjung ke sana adalah di siang hari. Kekuatan cahaya matahari seperti menghujani stasiun membuat bayang-bayang para penumpang terlihat sangat bagus. Tidak perlu efek kamera yang berlebihan deh.

Setiap tahunnya ada 190 juta orang berlalu-lalang dari stasiun ini. Stasiun ini juga menghubungkan kereta bawah tanah, kereta regional, dan internasional. Sekali singgah bersama jutaan penumpang yang akan berkeliling dunia. Jangan lupa berkeliling ya, ada lorong-lorong dengan arsitektur khas Haussmannien dimana ada toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh seperti perabotan rumah tangga yang antik.

Amsterdam Centraal Station

Amsterdam Centraal Station
instagram.com

Pembangunan Stasiun Centraal Amsterdam ini termasuk yang terbesar di tahun 1889. Pasalnya, untuk membangun stasiun itu para insinyur harus membuat tiga pulau buatan dengan 8.600 tumpukan kayu sebagai pondasi dasar bangunan. Depan stasiun ini langsung menuju tepian sungai yang indah dan bersih.

Untuk spot foto, kamu bisa mengambil dari sudut apapun dari tiap pojok stasiun ini. Interior arsitekturnya lebih ke gaya neo-Renaissance Belanda yang khas. Di sisi lain stasiun ini memiliki perpustakaan megah dan menakjubkan di dunia. Berkunjung di satu tempat dengan jutaan kunjungan nih!

Dunedin Railway Station

Dunedin Railway Station
wikimedia.org

Stasiun Kereta Api Dunedin di New Zealand ini memiliki arsitektur yang cukup indah, maklum saja yang merancang stasiun ini adalah seorang arsitek handal yang memiliki julukan “Gingerbread Goerge” dan seorang ksatria raja yang saat itu sedang berjaya. Dibangun pada tahun 1906, pola ornamen sudut stasiun dibuat seperti bangsal yang gelap dengan padu padan batu Oamaru putih.

Dari sisi luar stasiun juga ada sebuah taman rumput yang sudah dibentuk lingkaran. Di stasiun ini juga menghadirkan gerbong kereta uap yang makin menarik para pengunjung. Stasiun ini juga memiliki Sport Hall of Fame, satu-satunya museum olahraga yang ada di New Zealand.

Estacao Da Luz

Estacao Da Luz
wikimedia.org

Sebenarnya Estação da Luz yang menjadi stasiun kereta terindah di Brazi, awalnya di bangun di Glasgow. Namun, pada akhirnya harus dibongkar dan dibangun kembali di Sao Paulo. Pada saat itu, stasiun ini hanya mengirimkan kopi dan menjadi jalur perdagangan yang cukup penting untuk negara.

Namun sayang, stasiun ini sempet diabaikan dan mulai digunakan kembali pada tahun 1990-an. Stasiun ini hanya memiliki empat rel kereta yang hanya melayani sistem kereta api pinggir kota dan kereta bawah tanah. Stasiun ini juga menjadi museum Bahasa Portugis.

Antwerp Centraal Station

Antwerp Centraal Station
instagram.com

Stasiun kereta terindah yang ada di Dunia pertama ada di Belgia, stasiun ini selesai dibangun pada tahun 1905. Ada belasan jam antik yang sudah ada ratusan tahun yang lalu dipajang untuk para calon penumpang. Selain itu, ornamen khas Eropa juga terlihat sangat nyata dengan langit-langit berkubah besi dan kaca.

Hal itu membuat cahaya matahari langsung masuk menyinari dari sela-sela kaca. Pencahayaan yang cukup dramatis di tengah kesibuka kereta api. Stasiun ini kini berfungsi untuk mengantarkan kereta komuter, antarkota, dan kereta dengan kecepatan tinggi yang menghubungkan Amsterdam ke Paris.

Nah, jadi gimana nih? Pasti bakal betah sekali ya berlama-lama di lima stasiun terindah di dunia ini. Dekorasi ruangan yang khas dengan ornamen yang sudah diukir ratusan tahun yang lalu. Semoga Indonesia juga memiliki stasiun dengan ukiran indah dan jam gantung klasik sebagai penunjuk waktu. Biar makin elegan!

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.