Intip Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui Untuk Calon Buah Hati

Posted on

manfaat buah delima

Manfaat Buah Delima – Buah delima disebut juga sebagai buah pome. Seringnya, buah ini ditanam sebagai tumbuhan hias, obat, dan juga buah. Cara konsumsinya bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Rasa buah delima segar apalagi jika dijadikan sebagai campuran pada salad buah, rujak buah dan juga sari buah.

Dibalik bentuk bulat dengan biji kecil-kecil di dalam daging buahnya, terdapat kandungan yang memiliki manfaat luar biasa. Kandungan zat yang paling terkenal pada buah delima adalah antioksidan tinggi, sehingga manfaat buah delima sangat baik untuk kesehatan dan perawatan kulit secara alami.

Selain itu, kandungan dalam daging buah delima meliputi : asam sitrat, glukosa, asam malat, fruktosa, vitamin A, vitamin C, tanin, serta mineral berupa kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium dan natrium.

Nah, kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung, perawatan gigi, mencegah kanker prostat, mengurangi stenosis arteri akrotis. Buah delima juga bisa menghindari tubuh dari anemia, gangguan perut, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan resiko obesitas, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, banyak juga yang menjadikan buah delima untuk meningkatkan kesuburan dan baik untuk ibu hamil.

Beberapa Manfaat Buah Delima

1. Manfaat Buah Delima Untuk Kesuburan
Delima merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini dipercaya dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Baik untuk pria ataupun wanita. Untuk wanita, kandungan antioksidan ini dapat melancarkan aliran darah ke rahim. Seorang wanita yang sedang dalam program hamil memiliki persentase kehamilan yang lebih tinggi jika mengonsumsi buah delima secara rutin.

2. Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil
Banyak manfaat buah delima untuk seorang wanita yang sedang hamil, diantaranya:

  • Menguatkan dinding rahim dan menurunkan risiko keguguran
  • Mencegah kerusakan otak pada janin. Hal ini dikarenakan adanya kandungan folat yang tinggi pada buah delima. Folat adalah nutrisi wajib untuk membantu perkembangan saraf pada otak janin.
  • Membantu perkembangan jaringan tubuh pada janin.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Wanita yang sedang hamil lebih rentan terkena berbagai penyakit. Untuk meningkatkan imunitas, sebaiknya konsumsi buah delima ketimbang obat-obatan kimia.

3. Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan
Tidak hanya untuk kesehatan saja, buah delima juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita. Diantaranya:

  • Sebagai anti penuaan : dapat membantu regenerasi sel kulit dan mencegah pegmentasi berlebihan yang menyebabkan bintik hitam pada kulit.
  • Memberi kelembaban : bagi pemilik kulit kering, sering-seringlah mengonsumsi buah delima, sebab, struktur molekul kecilnya akan menembus jauh ke dalam kulit.
  • Membantu menyembuhkan luka : regenerasi sel bisa lebih cepat saat Anda mengonsumsi buah delima. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak bijinya ramah di kulit dan dapat menyembuhkan kerusakan kulit.
  • Meningkatkan tekstur kulit : buah delima bermanfaat untuk memperpanjang umur fibroblast untuk memproduksi kolagen yang dapat mengencangkan kulit.

4. Manfaat Buah Delima dan Cara Pengolahannya
Manfaat buah delima bisa didapatkan jika Anda mengolahnya dengan benar. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan berupa air dingin, es batu, 2 buah delima dan 80 ml air gula
  • Kupas buah delima dan pisahkan isi dengan kulit buahnya
  • Masukkan daging buah ke dalam blender
  • Tambahkan es batu yang sudah diserut
  • Masukkan air dingin sesuai keinginan
  • Blender hingga halus
  • Pisahkan serat dengan air sari menggunakan saringan
  • Konsumsilah selagi masih segar.

Nah, karena manfaat buah delima begitu banyak, sebaiknya konsumsi secara rutin ya! tapi, perlu diingat, jangan sampai terlalu banyak karena dapat menyebabkan hal yang buruk pada janin dan kesuburan Anda. Untuk mengetahui berbagai informasi lainnya, silahkan kunjungi ChannelBunda.com website yang menyajikan tulisan seputar perempuan, kesehatan, dan parenting.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.