Jenis Eyeliner Berdasarkan Fungsinya

Posted on

jenis fungsi eyeliner

Penggunaan eyeliner dapat mempertegas bentuk mata juga mengoreksi bentuk mata yang terlalu sipit atau lebar. Berbagai jenis eyeliner bermunculan di pasaran mulai dari jenis pensil, liquid, dan gel. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sesuaikan eyeliner dengan bentuk mata asli dan bentuk mata yang ingin dihasilkan. Berikut beberapa jenis eyeliner beserta fungsinya.

1. Eyeliner Pensil

Karena mudah digunakan, jenis yang satu ini sangat cocok untuk pemula. Pensil yang lunak dan lembut dapat membantu membentuk garis mata tebal. Sedangkanpensil yang keras biasanya tahan lama dan dapat digunakan membentuk jenis garis yang tipis. Sedikit tips, sebelum digunakan, rautlah eyeliner sedikit. Selain lebih mudah digunakan, eyeliner yang telah diraut juga dapat menyingkirkan bakteri yang mungkin menempel pada pemakaian sebelumnya. Eyeliner pensil juga bisa digunakan di sekitar garis mata atas dan bawah untuk memberi kesan yang lebih dramatis. Bisa juga digunakan untuk gaya smudging karena lebih mudah dibaurkan.

2. Liquid

Eyeliner jenis liquid ini biasanya banyak disukai oleh wanita. Saat dipulaskan, eyeliner jenis liquid alias cair dapat membentuk garis yang pas dan sesuai. Kamu juga bisa membentuk model winged eye yang memberi kesan klasik nan cantik pada wajah. Eyeliner liquid memiliki kelebihan berupa warna yang lebih pekat dan tahan lama daripada eyeliner pensil. Cara menggunakan eyeliner jenis liquid ini memang butuh kecermatan lebih dibanding eyeliner pensil.

3. Gel

Formula jenis eyeliner gel sangat mirip dengan eyeliner cair namun lebih kental, dan dikemas dalam bentuk pot. Cara mengaplikasikannya menggunakan bantuan kuas runcing dan tipis. Eyeliner bertekstur gel biasanya kerap digunakan untuk membuat tampilan cat eye yang seksi. Eyeliner gel lebih mudah dibentuk, sifatnya tahan lama dan mudah kering setelah diaplikasikan.

4. Liquid Pencil Eyeliner

Mirip dengan eyeliner cair hanya saja kemasannya seperti pensil atau spidol. Bentuknya yang menyerupai pensil membuatnya mudah diaplikasikan membentuk berbagai macam garis. Memudahkan dalam menggambar ujung sayap yang lancip dan rapih di bagian luar mata. Tampilannya lebih lembut, lebih hidup dan tahan lama.

5. Cake

Penggunaannya memang sedikit sulit sehingga lebih banyak digunakan oleh makeup artist professional. Teksturnya lebih padat, cara menggunakan eyeliner ini adalah sebelum diaplikasikan kuas harus dibasahi agar warna lebih keluar. Eyeliner jenis ini biasanya memiliki banyak variasi warna.

6. Retractable
Eyeliner jenis ini juga banyak digunakan pemula karena cara menggunakannya yang relatif mudah. Harganya juga terjangkau. Bentuknya mirip pensil dan cara menggunakannya cukup diputar hingga isinya keluar. Bagian ujungnya tumpul sehingga hanya dapat membentuk garis tertentu saja.

Itu dia beberapa jenis eyeliner dan cara menggunakan eyelinernya. Sesuaikan pilihan eyelinermu dengan jenis yang paling kamu kuasai cara penggunaannya sehingga menghasilkan pulasan eyeliner yang rapih dan menegaskan bentuk mata.

Bagi kamu yang aktivitasnya padat dan di luar ruangan, pilih jenis eyeliner yang waterproof agar tidak smudging dan luntur. Kamu tentu tidak ingin makeup wajahmu berantakan karena lunturan eyeliner, bukan?

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.