Kandungan Gizi Susu Serta Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Posted on

manfaat susu untuk anak

Susu dianjurkan dikonsumsi oleh anak sejak kecil. Bahkan sejak lahir, anak diperkenalkan dengan susu melalui ASI (Air Susu Ibu). Susu mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh dan kembang anak. Selain untuk meningkatkan daya tubuh, mengonsumsi susu juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Salah satu merk susu dengan kualitas terbaik adalah Morinaga. Morinaga memproduksi berbagai jenis susu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usia anak. Salah satu produk Morinaga adalah Morinaga Chil School Platinum, yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 3-12 tahun. Susu Morinaga ini dilengkapi dengan berbagai nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak, meningkatkan daya tahan tubuh anak, serta meningkatkan kecerdasan multitalenta anak.

Kandungan gizi pada susu

Selain memberikan makanan dengan gizi seimbang, anak juga harus diberikan tambahan nutrisi dengan mengonsumsi susu. Susu mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang anak agar optimal, salah satunya adalah kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Selain itu, susu juga mengandung protein yang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Jenis protein yang terkandung dalam susu adalah protein kasein yang bermanfaat untuk penyerapan mineral, serta protein whey yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

Susu juga mengandung lemak alami yang kompleks, sehingga Anda harus memberikan takaran susu yang pas bagi anak untuk menghindari obesitas. Selain itu, susu juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, kalsium, riboflavin, fosfor, serta vitamin A dan D.

Selain mengandung berbagai nutrisi, Morinaga Chil School Platinum juga dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, Alfa Laktalbumin, Kolin, Zatbesi, Omega 6 dan omega 3, serta fosfolipin untuk mendukung kecerdasan multitalenta pada anak. Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, susu Morinaga ini dilengkapi dengan kandungan nukleotida, laktoferin, prebiotic GOS, serta tripelbifidus.

Hal yang perlu diperhatikan saat memberikan susu pada anak

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, pemberian susu pada anak harus sesuai takaran, karena jika berlebihan akan menyebabkan anak terkena obesitas. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih susu adalah pilihlah susu yang sesuai dengan usia anak. Biasanya nutrisi dalam susu sudah disesuaikan dengan usia anak.

Morinaga Chil School Platinum bisa diberikan pada anak usia 3-12 tahun. Selain itu, pemberian jumlah susu per hari juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan usia anak. Pada usia 2-3 tahun sebaiknya diberikan 2 gelas susu per hari, pada usia 4-8 tahun diberikan susu 2-3 gelas per hari, sedangkan pada usia 9 tahun keatas dapat diberikan 3 gelas susu per hari.

Salah satu jenis susu yang paling sering dikonsumsi adalah susu UHT (ultra high temperature). Jika Anda ingin memberikan susu jenis ini, sebaiknya memilih susu dengan tanggal kadaluarsa yang jauh. Selain itu, pastikan kemasan tidak rusak dan masih utuh. Hal ini untuk memastikan kualitas susu masih terjaga dengan baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memberikan susu adalah hindari memberikan tambahan gula. Susu dengan rasa coklat biasanya sudah mengandung gula tambahan, sehingga rasanya lebih manis dari pada susu putih. Memperhatikan takaran gula yang ditambahkan kedalam susu sangat penting untuk menghindari risiko obesitas pada anak.

Anda juga perlu menghindari penambahan garam pada susu agar rasanya lebih gurih. Memberikan tambahan garam pada susu akan menyebabkan anak mudah haus dan lapar, sehingga berisiko berat badan akan meningkat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.