Kenali Ciri-ciri Haid Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

Posted on

haid tidak normal

Pernahkah Anda mengalami telat datang bulan? Pastinya hampir semua wanita pernah mengalami kondisi semacam ini bukan, bahkan hingga berbulan-bulan. Lalu apakah ada cara memperlancar haid yang terlambat 2 bulan tersebut? Sudah pasti ada cara untuk mengembalikan siklus haid yang tidak lancar ini. Haid atau yang dikenal sebagai menstruasi ini sendiri memang sangat berhubungan dengan kesuburan seorang wanita, itulah mengapa tidak bisa diremehkan.

Jika seandainya siklusnya tidak lancar tentunya juga akan mempengaruhi kesuburan Anda. Selain siklusnya yang tidak lancar, berikut ini juga ada beberapa gejala haid tidak normal yang hendaknya harus Anda waspadai, yaitu:

  1. Lama waktu haid, haid yang berlangsung lama bahkan lebih dari 7 hari, hingga maksimal 15 hari bisa menjadi adalah tanda Anda mengidap menorrhagia atau peningkatan volume darah.
  2. Nyeri atau sakit selama haid yang berlebihan intensitasnya, rasa sakit saat datang bulan pada dasarnya adalah hal yang normal terjadi, namun jika seandainya rasa sakit berlebih bahkan tidak tertahankan harus diwaspadai, bisa jadi ini ada indikasi penyakit berbahaya yang menyerang organ reproduksi.
  3. Keluarnya gumpalan darah, haid disertai dengan gumpalan darah sebenarnya adalah hal yang normal terjadi, namun jika jumlahnya terlalu banyak mungkin ada masalah di dalam tubuh.
  4. Telat haid sampai lebih dari 3 bulan, jika sampai mengalami telat datang bulan, bahkan lebih dari 3 bulan padahal sedang tidak hamil ataupun sudah memasuki masa manopouse bisa jadi ini adalah gejala dari penyakit berbahaya, stress yang berlebih hingga mungkin penurunan berat badan yang terlalu signifikan.

Waspadai kondisi-kondisi di atas karena berhubungan dengan kesehatan Anda. Kenali apa penyebab haid tidak lancar dan sedikit sehingga ada upaya yang tepat untuk mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis ginekologi. Selama haid usahakan juga menggunakan pembalut yang aman untuk cegah terjadinya resiko iritasi atau bahkan penyakit pada organ reproduksi, cari yang sudah teruji seperti Laurier.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.