Ketahui Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Uang yang Aman

Posted on
aplikasi pinjaman uang online
Hedpe.com

Sekarang ini banyak sekali aplikasi pinjaman uang yang beredar di masyarakat. Munculnya aplikasi pinjam uang yang memudahkan keuangan masyarakat ini, kerap kali disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari penipuan seperti ini, Anda harus mengetahui ciri-ciri aplikasi pinjaman uang yang aman berikut ini:

Ini dia 5 Ciri-Ciri Aplikasi Pinjam Uang yang Aman dan Terpercaya

1. Syarat Pengajuan yang Ringan

pinjaman online ojk
Career-advice.jobs.ac.uk

Untuk mencari tahu apakah sebuah situs pinjaman online terpercaya atau tidak, langkah yang bisa Anda lihat untuk pertama kalinya adalah dari persyaratan pinjaman yang diajukan. Hadirnya situs online seharusnya memudahkan masyarakat, bukan malah sebaliknya. Untuk itu, Anda mesti berhati-hati jika sebuah situs menghendaki persyaratan yang rumit.

Pada umumnya, sebuah situs pinjaman online hanya menghendaki persyaratan berupa KTP, NPWP, atau data-data lain. Bahkan, ada sebuah situs pinjaman online yang hanya membutuhkan KTP saja dalam proses pengajuan pinjamannya, seperti Tunaiku misalnya.

2. Terdaftar di OJK

Selain melihat dari persyaratan yang diajukan, aman tidaknya sebuah situs bisa dilihat dari kredibel-nya dalam dunia bisnis perbankan. Sebuah fintech yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sudah bisa dipastikan jika ia aman dan terpercaya. Pasalnya, semua transaksi yang dilakukan oleh sebuah fintech sudah terekam di data pusat.

Sebuah fintech yang terdaftar di OJK sendiri mempunyai persyaratan yang tidak memberatkan nasabahnya. Misalnya saja bunga yang ditetapkan sebuah fintech tidak boleh melebihi 1% per harinya, dan lain sebagainya.

Baca juga :  3 Point Penting Sukseskan Bisnis Kuliner Roti Anda Dalam Sekejap

3. Bunga yang Wajar dan Transparan

pinjaman online ojk
Today.uconn.edu

Ciri aplikasi pinjaman uang yang aman selanjutnya adalah besarnya bunga yang dipatok tidak terlalu tinggi dan mencekik nasabah. Selain itu, bunga yang diberikan akan dicantumkan di halaman pengajuan, hal ini dimaksudkan agar nasabah mengetahui dengan jelas syarat pinjaman yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana.

Tidak hanya besarnya bunga saja yang dicantumkan pada halaman pengajuan. Akan tetapi, besarnya biaya layanan juga dicantumkan dalam halaman peminjaman jadi peminjam bisa mengetahuinya di awal sebelum pengajuan.

4. Prosesnya Cepat dan Mudah

Aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya, akan menawarkan proses yang cepat dan mudah. hanya menunggu waktu 24 jam saja setelah mengisi data-data pribadi dan memilih plafon maupun tenor yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda akan ditelepon oleh customer service pinjaman uang online tersebut.

Setelah pengajuan yang Anda lakukan dikonfirmasi, tinggal tunggu saja proses pencairan dananya dalam kurun waktu kurang lebih 3-7 hari jam kerja. Anda akan mendapatkan email, atau dikontak oleh CS yang bertugas.

5. Memiliki Review Positif dari Penggunanya

pinjaman online ojk
Heymarket.com

Selain dari keempat tips di atas, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk memastikan apakan situs pinjaman online tersebut aman atau tidak adalah berdasarkan hasil review pengguna sebelumnya. Anda bisa menemukannya di Google Play Store sebelum memutuskan untuk menginstall aplikasi tersebut.

Baca juga :  Tips Memulai Usaha Hijab Butik Online

Jika mendapatkan review positif dari sejumlah pelanggan, maka tidak ada keraguan lagi untuk mengajukan pinjaman dana melalui situs tersebut. akan tetapi sebaliknya, jika terdapat kendala atau informasi biaya yang tidak sesuai dengan yang tertera di aplikasi, sebaiknya Anda jangan mengajukan pinjaman dana ke situs tersebut untuk menghindari penipuan.

Itulah lima ciri-ciri mengetahui sebuah situs pinjaman online aman dan terpercaya atau tidak. Pastikan untuk mencari tahu mengenai sebuah siatu sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana ke situs tersebut ya, sobat. Agar tidak salah pilih, Anda bisa memilih aplikasi pinjam uang Tunaiku. Aplikasi ini sudah terdaftar di OJK sehingga sangat kredibel.

Selain itu, pinjaman online OJK ini juga menyediakan plafon pinjaman hingga limit 20 juta untuk para kreditur. Masa tenor yang disediakan juga mencapai 20 bulan. Dengan berbagai keuntungan tersebut, maka jangan ragu untuk memakai Tunaiku ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.