Ketahui Kadar Kolesterol Normal Wanita untuk Tipe LDL dan HDL

Posted on

kadar kolesterol normal wanita

Kolesterol merupakan salah satu jenis dari senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Kadar kolesterol normal wanita dan pria berbeda namun jumlahnya harus tetap dijaga agar selalu normal dan tidak mengakibatkan gangguan bagi kesehatan.

Namun banyak yang belum memahami tentang masalah kolesterol dengan lebih jelasnya. Maka dari itu bisa mengonsultasikan hal ini kepada dokter ahli dengan cara mudah melalui online, download di sini.

1. Pemeriksaan kadar kolesterol

Setiap orang perlu melakukan pengecekan kadar kolesterol secara rutin dengan minimal 5 tahun sekali. Biasanya sebelum menjalani pemeriksaan akan dimintai berpuasa selama 9 sampai 12 jam.

Berikut inilah beberapa pemeriksaan kolesterol yang dapat kamu ketahui:

  • Bagi pria disarankan untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol sejak usianya 20 sampai 35 tahun. Sementara itu untuk wanita di usianya 20 sampai 45 tahun
  • Apabila melakukan pemerikasaan kolesterol pertama kalinya dan menunjukkan hasil normal. Maka dengan begitu pemeriksaan kolesterol di waktu berikutnya bisa dilakukan setiap 5 tahun sekali
  • Apabila perkembangannya seseorang mengalami obesitas maka pemeriksaan kolesterol harus segera dilakukan kembali. Meskipun waktunya belum sampai 5 tahun dari waktu pemerikasaan tahap pertama
  • Bagi orang dewasa yang mempunyai kadar kolesterol cukup tinggi ataupun dengan penyakit penyerta hingga kronis. Sebaiknya memeriksakan kolesterolnya dalam waktu yang lebih sering serta menunggu untuk 5 tahun sekali.

2. Tingkat kolesterol normal pada pria serta wanita berdasarkan usia

Pada umumnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap orang dalam menunjang proses metabolisme. Fungsi kolesterol sendiri sebagai pelindung sel, memproduksi vitamin D di dalam tubuh, pembentukan asam empedu, pembentukan hormon hingga menjaga fungsi otak.

Maka penting sekali menjaga kadar kolesterol tetap normal dan tidak terlalu tinggi. Berikut beberapa kadar kolesterol normal sesuai dengan jenis kelamin dan usianya:

1.  Kadar kolesterol normal dewasa

Secara umumnya untuk kadar kolesterol total yang dianggap sehat yakni di bawah 200 mg/dl. Kadar kolesterol dengan angka 200 sampai 239 mg/dl bisa masuk dalam batas tinggi dan kadar kolesterol yang dianggap tinggi yakni 240 mg/dl.

Sementara untuk kadar HDL baik minimalnya yakni 60 mg/dl dengan kadar LDL di bawah angka 40 mg/dl sebagai golongan rendah dan kadar LDL baik di bawah 100 mg/dl, sedangkan untuk LDL 60 mg/dl ke atas terbilang tinggi. Kadar trigliserida yang masuk dalam kategori baik yakni kurang dari 150 mg/dl dan dianggap tinggi pada angka di atas 200 mg/dl.

2.  Kadar kolesterol normal pria

  • Kadar kolesterol total yang ada pada pria sering kali lebih tinggi daripada wanita
  • Jumlahnya secara total untuk kolesterol sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/dl. Kolesterol total merupakan jumlah dari adanya kolesterol LDL, HDL, trigliserida dan juga komponen lipid lain
  • Jumlahnya LDL tidak melebihi angka 120 mg/dl
  • Jumlahnya HDL minimal pada angka 40 mg/dl
  • Apabila kadar HDL pada tubuh pria yang lebih dari 120 mg/dl ataupun kadar kolesterolnya total untuk pria lebih dari 200 mg/dl dapat dikatakan tinggi. Sementara untuk usia yang masih muda kondisi seperti ini dapat berisiko memicu penyakit jantung
  • Pria yang telah berusia lebih dari 45 tahun akan berisiko terkena kolesterol tinggi dan penyakit jantung makin meningkat.

3.  Kadar kolesterol normal wanita

  • Kadar kolesterol normal untuk wanita khususnya pada LDL haruslah di bawah 100 mg/dl. Bagi wanita yang mempunyai riwayat penyakit jantung mempunyai batas kadar kolesterol LDL hingga 70 mg/dl
  • Jumlahnya LDL bisa mencapai angka 130 mg/dl yang dianggap masuk dalam kategori kadar kolesterol tinggi
  • Kadar kolesterol normal wanita pada tipe HDL bisa lebih tinggi daripada pria. Hal ini dikarenakan wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat membantu untuk menjaganya lebih tinggi. Kondisinya bisa berubah ketika wanita masuk pada fase menopause dan saat sudah kehilangan estrogen, sebab kadar HDL dapat dikalahkan dengan LDL
  • Kadar kolesterol normal wanita pada tipe HDL yakni minimal 50 mg/dl.

3. Tips menjaga kadar kolesterol tetap normal

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal:

1.  Menerapkan pola makan yang sehat

Kadar kolesterol normal wanita bisa diatasi dengan mengatur pola makan sehat setiap hari. Membatasi mengonsumsi makanan dengan kolesterol dan menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Selain itu juga penting untuk mengurangi jenis makanan berminyak dan lebih utamakan makan makanan yang dipanggang, dikukus ataupun direbus. Untuk menghindari alat masak tidak lengket hanya perlu menggunakan kaldu atau bumbu alami seperti cuka dan jeruk nipis.

2.  Menurunkan obesitas

Bagi kamu yang mengalami obesitas di atas 30 maka segera atasi agar bisa turun sesegera mungkin. Dengan berat badan kamu yang turun maka kadar kolesterolnya juga akan menurun.

3.  Melakukan olahraga rutin

Kegiatan fisik mampu memperbaiki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Pastikan kamu melakukan olahraga dalam waktu 30 sampai 60 menit untuk setiap harinya baik itu jogging, bersepeda atau berenang.

4.  Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok sebagai pemicu naiknya kadar kolesterol dari batas normal. Selain itu merokok juga menjadi pemicu meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung koroner dan akan mempercepat proses penumpukan plak yang ada di dalam arteri.

Demikianlah beberapa uraian mengenai pembahasan kadar kolesterol normal wanita yang nilainya berbeda dengan pria. Dalam menjaga kadar kolesterol di angka normal membutuhkan kebiasaan baik mulai dari makanan hingga pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.