Kue-kue Khas Lebaran di Indonesia

Posted on

kue khas lebaran

Bukan hanya Ketupat yang sering dikaitkan dengan Lebaran atau Idul Fitri. Selain ketupat khas, kue dan makanan ringan juga merupakan makanan populer selama Lebaran. Ada kue kering dan makanan ringan selalu disajikan di atas meja selama perayaan lebaran di bulan suci Ramadhan ini, kalau di Indonesia sih berbagai macam kue menjadi kue khas lebaran, penasaran kue apa saja yang khas di Indonesia saat lebaran, yuk berikut kumpulan artikel kue kering sebagai referensinya!

1. Nastar

kue nastar
Nastar adalah Kue Lebaran klasik, kue ini terbuat dari campuran tepung dan mentega dan diisi dengan selai nanas yang tebal. Campuran kuning telur dan susu kemudian dioleskan sebelum dipanggang. Biasanya, Nastar berbentuk kubah atau daun. Saat ini banyak modifikasi bentuk nastar telah dibuat, seperti Keju Nastar, Cokelat Nastar, Nastar Rolls dan banyak lagi.

2. Lidah Kucing (Katetong)

kue lidah kucing
Lidah Kucing merupakan kue yang tipis dan juga renyah, kue ini terbuat dari putih telur dan tepung. Karena berbentuk seperti lidah, orang menamainya Lidah Kucing (atau secara harfiah diterjemahkan lidah kucing). Kue ini memiliki aroma susu lembut dan rasa asin yang manis. Ini adalah salah satu kue favorit untuk perayaan di Indonesia.

3. Kastengel

kue kastengel
Kastengel adalah sejenis kue kering yang memiliki rasa dan aroma keju yang sangat terasa. Rasa berasal dari keju Edam yang juga merupakan bahan utama kue ini. Kemudian kue tersebut akan ditaburi dengan keju cheddar parut. Buat kalian para pecinta keju kalian akan sangat cinta dengan kue kering khas lebaran yang satu ini.

4. Putri Salju

kue putri salju
Kue Putri Salju ini diberi nama sebagai Putri Salju karena pada kue tersebut memiliki lapisan gula bubuk putih itu. Biasanya, Putri Salju dicetak dalam cetakan berbentuk bulan sabit. Kerak non-gula berpadu sempurna dengan gula-gula yang melapisi. Setelah Anda mencoba cookie ini, kami yakin satu toples tidak cukup!

5. Kue Semprit

kue semprit
Kue Semprit juga merupakan salah satu kue favorit dan paling umum yang dapat kalian temukan selama Lebaran. Kue kering ini sebenarnya memiliki bahan yang mirip dengan kue lainnya seperti Putri Salju atau Nastar, tetapi bentuknya berbeda. Alih-alih menggunakan pemotong kue, kalian perlu mencetak cookie ini menggunakan cetakan kue. Biasanya selai stroberi atau selai coklat ditambahkan di atas Kue Semprit untuk menambah rasa dan membuatnya cantik.

Lebih dekat ke Lebaran, kalian dapat menemukan banyak kue-kue ini dijual di supermarket maupun pasar tradisional. Satu hal yang perlu diingat adalah: satu toples tidak pernah cukup. Sebenarnya untuk membuat kue lebaran bisa loh dilakukan sendiri di rumah, kalian hanya perlu melihat resep-resepnya di internet, karena sekarang ini sudah banyak blog atau chanel youtube yang memang khusus untuk memasak dan pasti kalian tidak akan kesulitan untuk mencari resep dan tutorial memasak kue lebaran seperti nastar, putri salju, kastengel, kue semprit dan lidah kucing.

Dengan membuat kue lebaran sendiri di rumah kalian bisa memastikan bahwa kue yang kalian buat sendiri kue yang higenis, selain itu bahan-bahan yang digunakan pun kalian bisa memilih sendiri dimana bahan yang digunakan merupakan bahan terbaik yang akan membuat kue yang kalian buat memiliki rasa yang enak. Selain itu dengan membuat kue lebaran sendiri kalian bisa mengkreasikan kue-kue yang kalian buat. Selain itu dengan membuat kue sendiri dijamin harganya akan lebih murah dibandingkan dengan membelinya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.