Macam-macam Jeroan Sapi Berikut Manfaat dan Bahayanya bagi Kesehatan

Posted on

jeroan sapi

Jeroan sapi merupakan bagian-bagian dari organ tubuh sapi yang dapat dikonsumsi. Walaupun tak semua orang suka mengonsumsinya, jeroan sapi tetap memiliki penggemarnya sendiri. Bagi sebagian orang, jeroan sapi menjadi salah satu bahan makanan yang paling dihindari. Namun, sebenarnya jeroan hewan punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Sesuai dengan apa yang para ahli kesehatan sebutkan bahwa jeroan sapi kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya, hati sapi yang sangat kaya akan protein, vitamin A, vitamin B12, asam folat, zat besi, zink, dan kromium. Tidak hanya itu, masih ada sisi lain dari jeroan sapi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Jeroan Sapi

Jeroan sapi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :

  • Sebagai sumber zat besi
  • Dapat mendukung kesehatan tulang dan otot
  • Dapat meningkatkan energy
  • Dapat membuat kenyang lebih lama
  • Dapat menurunkan resiko Alzheimer

Walaupun jeroan sapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi, tetap saja terdapat efek buruk yang bisa terjadi jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, jeroan sapi juga mengandung banyak kolesterol.

Karena itu, kita harus hati-hati mengonsumsinya, supaya kadar kolesterol tidak naik yang bisa menimbulkan risiko penyakit jantung atau stroke. Terlebih bagi orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat, harus hati-hati ketika mengonsumsi jeroan sapi, bahkan lebih baik dihindari. Pasalnya, jeroan sapi mengandung purin yang tinggi, dimana makanan dengan kandungan purin, dapat mempengaruhi kerusakan sendi bagi penderita asam urat.

Macam-macam Jeroan Sapi

Jeroan sapi terdiri dari :

  1. Otak

Otak merupakan bagian yang menjadi sumber omega 3 tertinggi. Selain itu, otak juga mengandung nutrisi kuat seperti fosfatidilkolin dan fosfatidilserin yang baik untuk saraf. Otak juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melindungi otak dan sistem tulang belakang dari kerusakan.

  1. Hati

Hati sapi merupakan organ yang paling bernutrisi dan sehat dari daging. Seperti yang telah disebutkan di atas, hati memiliki kandungan yang baik, salah satunya yaitu untuk meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia.

  1. Lidah

70% kandungan dalam lidah adalah asam lemak dan kalori, serta sejumlah nutrisi seperti jeroan lainnya. Misalnya, lidah sapi yang baik untuk penyembuhan setelah sakit dan wanita mengandung.

  1. Jantung

Bagian jantung memiliki kandungan yang kaya akan folat, zat besi, zink, selenium, vitamin B2, B6, dan B12. Jantung pada hewan dapat membantu produksi energi di tubuh. Pasalnya, jantung merupakan sumber CoQ10 terbaik bagi tubuh Anda.

  1. Ginjal

Bagian ginjal juga mengandung protein yang tinggi. Ginjal pada sapi mengandung asam lemak omega 3 dan juga memiliki kandungan anti peradangan yang baik untuk jantung.

  1. Pankreas

Sama seperti ginjal, pankreas juga memiliki kandungan omega 3 dan protein. Kamu tidak akan rugi makan bagian pankreas asal porsinya dibatasi.

  1. Limpa

Bagian limpa sapi memiliki kandungan yang kaya akan zink, selenimum, omega 3 serta tinggi protein. Zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk fungsi hormonal dan imunitas. Bagian ini biasa dijadikan olahan masakan khas Minang dan sangat enak.

  1. Babat

Babat merupakan lapisan perut baik pada kambing, domba, dan sapi. Selama ini, babat merupakan bagian jeroan sapi yang kerap dianggap salah satu pemicu kolesterol. Namun, ternyata babat juga memiliki manfaat bagi tubuh, karena kaya akan gelatin dan probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Usus Sapi

Bagian usus sapi memiliki kandungan sumber gelatin dan glutamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan perforasi (lubang) usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.