Mau Apply Pinjaman Online Buat Kebutuhan Sehari-hari? Baca Ini Dulu

Posted on

pinjaman online

Pinjaman Online Dana Tunai Tanpa Jaminan – Lembaga yang memberi pinjaman dana tunai tanpa jaminan seperti fintech memang tidak membatasi tujuan dari pinjaman yang diajukan calon debitur. Hal tersebut adalah sepenuhnya pertimbangan sekaligus keputusan kamu sebagai peminjam. Namun, supaya pinjaman tanpa jaminan nggak berujung merugikan, pengajuan pinjaman disarankan hanya untuk kebutuhan yang benar-benar darurat atau keperluan produktif seperti berbisnis.

Bagaimana dengan kebutuhan sehari-hari?

Kebutuhan sehari-hari yang dimaksud di sini adalah kebutuhan yang sifatnya primer seperti biaya listrik, air, pulsa, makanan, biaya transportasi sehari-hari, hingga biaya sewa rumah. Idealnya, jenis kebutuhan ini harus dipenuhi dengan dana yang berasal dari penghasilanmu, bukan dari pinjaman. Sebab, kebutuhan sehari-hari sifatnya kontinu dan nggak pernah habis, justru akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya tanggungan atau jumlah anggota keluarga.

Seiring dengan banyaknya kebutuhan ditambah keadaan mendesak lain, kondisi uang gaji habis di tengah bulan mungkin sering dialami oleh sebagian orang. Bisa jadi kamu salah satunya?

Nah, kalau sudah gini, mau nggak mau kamu mesti putar otak, gimana caranya supaya bisa tetap menyambung hidup sampai gajian bulan depan tiba. Mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan ke fintech seperti Kredivo mungkin salah satu solusi yang terlintas di kepala.

Sebenarnya, boleh aja apply pinjaman online dana tunai tanpa jaminan untuk kebutuhan sehari-hari, tapi ada beberapa hal penting yang perlu kamu catat:

Pastikan kebutuhan benar-benar darurat, bukan dibuat-buat

Misalnya, di suatu bulan kamu sudah menyusun anggaran, tapi karena ada kondisi darurat terjadi (misalnya untuk rumah sakit), kamu terpaksa memakai sebagian besar dana untuk kondisi tersebut. Akibatnya, susunan anggaran jadi berantakan dan kamu jadi susah memenuhi kebutuhan hidup sampai akhir bulan. Dalam kondisi ini, mau nggak mau kamu harus cari dana tambahan untuk transport, makan, listrik, dan lain sebagainya. Bisa lewat cari kerja sampingan atau pinjaman.

Pilih fasilitas pinjaman dana tunai tanpa jaminan bersuku bunga rendah dan tenor panjang

Meski sifatnya mendesak dan butuh cepat, kamu tetap harus meluangkan waktu untuk pilih fasilitas pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang kredibel. Sebab, salah-salah, bukannya membantu meringankan, fasilitas pinjaman yang ilegal atau nggak kredibel malah akan menambah beban finansialmu. Terutama dalam hal suku bunga dan masa tenor angsuran.

Beberapa fintech penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan saat ini rata-rata membebankan suku bunga 1% hingga 3% per hari atau 30% per bulan. Itupun ditambah dengan biaya admin yang besar, limit kredit yang kecil, dan juga tenor angsuran yang sangat pendek, mulai dari 7 hari, 14 hari, sampai 30 hari.

Sekarang ini, cuma Kredivo fintech yang punya suku bunga paling rendah untuk pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Dengan suku bunga hanya sebesar 2,95% per bulan, Kredivo menawarkan dua jenis pinjaman tunai: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini, jumlah pinjaman yang bisa diajukan adalah Rp 500 ribu dengan tenor angsuran 30 hari. Sedangkan untuk pinjaman jumbo, pinjaman minimal yang bisa diajukan adalah Rp 1 juta dengan pilihan tenor angsuran 3 bulan dan 6 bulan.

Jangan aji mumpung, pastikan hanya pinjam sesuai jumlah kebutuhanmu

Misalnya, untuk bisa hidup dari tengah bulan ke akhir bulan, dana yang kamu butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari hanya Rp 2 juta. Sebaiknya, jangan ajukan jumlah pinjaman yang melebihi jumlah tersebut.

Dengan Kredivo, sistem pinjaman tunainya menggunakan sistem limit kredit dan hanya berlaku untuk pengguna Cicilan. Jadi, saat awal pendaftaran, kalau disetujui, kamu akan diberikan sejumlah limit kredit oleh Kredivo. Limit kredit nontunai ini bisa mencapai hingga Rp 30 juta dan bisa digunakan untuk belanja cicilan atau dicairkan menjadi pinjaman tunai. Pemberian limit kredit disesuaikan dengan profil aplikasi masing-masing pengguna, mulai dari jumlah penghasilan hingga histori kredit atau rekening.

Jumlah pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan di Kredivo adalah sebesar limit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Misalnya, limit kredit yang kamu adalah Rp 10 juta, sementara untuk tenor 6 bulan limit yang tersedia adalah Rp 5 juta. Artinya, kamu bisa ajukan pinjaman maksimal sampai Rp 5 juta.

Bukan berarti, kamu bisa aji mumpung mencairkan limit atau meminjam sebanyak-banyaknya. Ingat, setelah meminjam, bulan depan dan seterusnya, masih ada angsuran yang perlu dibayar. Ditambah lagi, ada kebutuhan sehari-hari yang masih harus dipenuhi. Maka, penting halnya untuk meminjam sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Bulan ini boleh pinjam, bulan depan dan seterusnya waktunya bayar angsuran

Mengingat kebutuhan sehari-hari sifatnya berkelanjutan dan nggak habis-habis, maka kamu nggak boleh mengandalkan pinjaman online terus menerus. Sebaiknya, gunakan prinsip: bulan ini (karena ada kondisi darurat) boleh pinjam, tapi bulan depan dan seterusnya adalah waktunya menyelesaikan angsuran. Bukan mengajukan pinjaman lain sebelum pinjaman pertama lunas.

Jangan lupa juga, di anggaran keuanganmu bulan berikutnya, kamu perlu berhemat dan memasukkan angsuran pinjaman sebagai pengeluaran wajib. Pastikan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo bulanannya. Karena kalau telat, pasti ada denda keterlambatan yang harus kamu bayar juga. Kredivo sendiri membebankan denda keterlambatan sebesar 3% dari total pinjaman.

Pinjaman online adalah solusi sementara yang bisa dipakai untuk kondisi darurat. Selebihnya, apalagi untuk kebutuhan sehari-hari, kamu bisa mulai mencari pekerjaan freelance atau membuat usaha sampingan lain supaya kebutuhanmu terpenuhi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.