Mencari Coworking Space untuk Para Startup? Perhatikan Hal-Hal Ini

Posted on

coworking space untuk startup

Coworking space mulai populer di telinga masyarakat Indonesia. Beberapa tahun terakhir ini saja, banyak lokasi coworking space yang dibangun dan banyak pula yang dalam tahap perencanaan pembangunan. Hal tersebut karena banyaknya para pendiri startup maupun individu yang berminat dengan coworking space itu sendiri. Terlebih untuk perusahaan-perusahaan startup yang baru sekali didirikan, yang mencari lokasi kerja dengan sewa murah dan suasana yang kondusif.

Tips Mencari Coworking Space yang Sesuai untuk Startup

Namun, sebagai seorang pemula, memang banyak kesalahan yang kerap dilakukan. Beberapa perusahaan startup terkadang keliru dalam memilih tempat yang cocok, sehingga hal tersebut malah menghabiskan anggaran sedangkan kerja pun tidak begitu maksimal. Lalu, bagaimana cara untuk mencari coworking space yang baik? Coba perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pilih Lokasi Coworking Space yang Tidak Jauh dari Tempat Tinggal

Ketika memilih lokasi bekerja, memang ada baiknya jika mencari tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Hal tersebut supaya memudahkan Anda dalam mengakses tempat tersebut. Selain itu, lokasi kerja yang jauh juga akan memakan biaya lebih besar.

Misalnya, Anda mengendarai motor, maka biaya bensin yang dihabiskan akan lebih banyak dan pengeluaran pun otomatis lebih besar. Apalagi jika Anda adalah pengguna kendaraan umum, bisa sangat memakan biaya.

Apabila tidak ada yang begitu dekat dengan tempat tinggal. Cobalah untuk mencari coworking space yang lokasinya strategis dan mudah dijangkau. Hal tersebut juga biasanya sangat berpengaruh pada biaya transportasi.

2. Pilih Coworking Space dengan Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Coworking space satu dengan lainnya memiliki fasilitas yang tidak sama. Semakin mahal biaya sewanya, biasanya fasilitas pun semakin lengkap. Namun, bukan hal itu yang perlu Anda cari, melainkan fasilitas di dalam coworking space tersebut sudah memenuhi kebutuhan perusahaan Anda untuk bekerja.

Misalnya, apakah di coworking space tersebut terdapat ruang yang Anda butuhkan. Atau, apakah kecepatan internetnya memadai. Kantin, kafe, taman, dan lain-lain apakah dibutuhkan atau tidak. Itu semua harus Anda perhatikan baik-baik. Apabila tidak memengaruhi kualitas kerja Anda, sebaiknya mencari yang memang benar-benar dibutuhkan saat itu.

3. Perhatikan Kondisi di Dalam Coworking Space Tersebut

Salah satu yang memengaruhi kondisi sebuah coworking space adalah penataan ruangnya. Desain interior yang bagus, akan memberi kenyamanan pada diri Anda dan meningkatkan kualitas bekerja Anda. Namun, selain hal tersebut kondisi antar pekerja juga sebaiknya dicek dengan baik. Apakah para pekerja di sana sangat friendly, bisa diajak sharing, dan lain-lain. Sebab, suasana antar pekerja juga sangat memengaruhi mood satu sama lain, dan berdampak pula pada perkembangan kerja.

4. Pastikan Harga Sewanya Sesuai Kemampuan

Sebagai perusahaan yang baru merintis, biasanya dana perusahaan masih belum begitu besar. oleh sebab itu mengapa perusahaan startup sering menyewa coworking space sebagai tempat ngantor sekaligus mencari relasi. Akan tetapi, tiap coworking space memiliki harga sewa perbulan yang tidak sama. Ada yang memang cukup mahal, tetapi ada pula yang cukup murah.

Supaya tidak membebani keuangan Anda, ada baiknya menyewa tempat yang pas di kantong. Sebab, terkadang coworking space yang mahal belum tentu memberikan keuntungan yang Anda inginkan.

Inilah mengapa, mencari coworking space untuk startup itu memang tidak bisa sembarangan. Apabila Anda ingin rekomendasi coworking space yang nyaman, interior bagus, dan harga sewa terjangkau, sangat disarankan untuk ke GoWork. Coworking space in Jakarta yang satu ini memiliki beberapa lokasi strategis di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Desain interiornya sangat kekinian, dengan suasana kerja yang nyaman dan kondusif. Pilihan ruangannya ada banyak sekali, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika Anda tertarik, bisa langsung kunjungi websitenya di go-work.com.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.