Mengenal Kelebihan Serta Kekurangan Kereta Api

Posted on

kelebihan kereta api

Kereta api dikenal sebagai salah satu alat transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai macam kelebihan yang dimilikinya. Namun siapa sangka, selain dikenal dengan kelebihannya, kereta api juga memiliki beberapa kekurangan, tidak percaya? Simaklah uraian penjelasannya di bagian bawah ini :

Kelebihan menggunakan kereta api

  1. Dikenal dengan harga tiket yang murah, menjadikan kereta api sebagai salah satu alat transportasi umum favorit, hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya para pengguna kereta api yang melakukan pemesanan tiket melalui situs https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api.
  2. Daya angkut besar, dalam hal ini kereta api dapat mengangkut sebanyak 7 hingga 9 orang jumlah penumpang di dalamnya.
  3. Kereta api juga dikenal sebagai alat transportasi yang lebih cepat untuk sampai di tempat tujuan. Dengan kecepatan 70kpj, kereta api tersebut dapat sampai di lokasi tujuan dengan tepat waktu atau bahkan jauh lebih cepat karena tidak terhambat oleh apa pun. Dalam hal ini kereta api dapat menghindari macet, dan lainnya.
  4. Kereta api juga dikenal sebagai alat transportasi yang nyaman karena memiliki space yang longgar. Selain itu, Anda pun dapat pergi ke toilet dengan mudah dan dapat berjalan-jalan di dalam gerbong dengan lebih leluasa sehingga rasa bosan pun dapat Anda hindari dengan lebih mudah.
  5. Kelebihan lainnya adalah kereta api menunjukkan pemandangan yang indah selama perjalanan dilakukan. Pasalnya jalur kereta api hadir dengan rute perjalanan yang berbeda dari jenis kendaraan lainnya, sehingga tampilan pemandangan di sekitarnya pun akan jauh berbeda dari tampilan pemandangan sekitar jalan raya dan lainnya.
  6. Kereta api juga dikenal sebagai alat transportasi yang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh bersama dengan keluarga. Hal ini tidak lepas dari keberadaan kereta api yang dikenal ramah lingkungan dan tentunya aman untuk dikendarai anak kecil sekali pun.
  7. Tujuan dari kereta api juga lebih mengarah pada beberapa lokasi strategis, hal ini ditandai dengan keberadaan berbagai stasiun kereta yang justru terletak di tengah kota. Sehingga lebih memudahkan Anda dan juga para penumpang lainnya untuk menjangkau beberapa lokasi yang dituju dengan mudah dan cepat.

Kekurangan menggunakan kereta api

Selain dikenal dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya di bagian atas tadi, kereta api juga dikenal dengan beberapa bentuk kekurangan yang dimilikinya. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasan berikut:

  1. Meskipun dikenal dengan harga tiket yang murah, namun beberapa jenis kereta api eksekutif justru hadir dengan tarif atau harga ongkos tinggi. Karena itulah banyak yang memanfaatkan penggunaan aplikasi khusus untuk mendapatkan harga tiket dengan lebih murah.
  2. Dalam beberapa kasus tertentu, seperti halnya terjadi bencana alam dari tanah longsor, kemudian rintangan jalan, serta nomor kendaraan tentunya akan membuat jadwal keberangkatan kereta menjadi kacau dan berubah sewaktu-waktu. Dengan demikian perjalanan yang Anda lakukan pun akan terlambat dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Untuk penggunaan kereta api kelas ekonomi umumnya memiliki waktu tempuh yang jauh lebih lama dibandingkan dengan waktu tempuh dari jenis kereta lainnya, seperti halnya kereta eksekutif. Karena itulah keberadaan kereta eksekutif pun menjadi prioritas yang lebih banyak digunakan orang-orang.
  4. Memasuki waktu-waktu tertentu, seperti halnya ketika menghadapi waktu libur sekolah, waktu lebaran ataupun liburan natal serta tahun baru, umumnya tiket akan lebih sulit untuk didapatkan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya pemesanan yang memborong jumlah tiket yang telah disediakan.
  5. Selain beberapa kekurangan di bagian atas tadi, pembatalan tiket pun menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan, utamanya jika Anda melakukan pembelian tiket secara langsung maka proses pembatalannya pun harus dilakukan dengan mengunjungi loket di stasiun itu sendiri. Hal ini jelas membutuhkan waktu yang lebih lama dan tentunya akan menguras tenaga Anda untuk kembali melakukan antrian.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya Anda dapat melihat bahwa penggunaan kereta api sebagai alat transportasi memang sangat membantu Anda dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Namun sebelum menggunakan kereta api tersebut, pastikan pula Anda telah mempertimbangkan berbagai kekurangan yang dimilikinya dan dapat menghindari berbagai macam kekurangan tersebut dengan lebih mudah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.