Mengenal Kota Depok dan Wisatanya

Posted on

kota depok

Semuanya pasti sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini, ya ini adalah kota Depok. Kali ini saya akan membahas tentang kota Depok dan wisata-wisata yang ada di dalamnya. Depok merupakan sebuah kota yang berada pada Provinsi Jawa Barat, kota ini berada diantara Jakart dan Bogor, karena hal ini Depok juga disebut menjadi penyangga kawasan lalu-lintas. Di sisi lain selain menjadi penyangga dari lalu-lintas kota Depok mempunyai banyak sekali potensi dari akibat menjadi penyangga lalu-lintas itu kota Depok sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bermukim, tempat usaha, tempat pemerintahan dan juga sebagai kawasan dengan banyak tempat wisata di Depok.

Kota Depok terdiri dari 11 Kecamatan yaitu: Beji, Bojongsari, Cilondog, Cimanggis, Cinere, Cipayung, Limo, Pancoran Mas, Sawangan, Sukmajaya dan Tapos. Dari ke 11 kecamatan itu terdapat total 63 Kelurahan di dalamnya. Dengan begitu banyaknya jumlah kecamatan yang ada tentunya masing-masing dari kecamatan itu mempunyai setidaknya satu destinasi wisata dan mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Kota Depok memiliki julukan sebagai kota belimbing ini banyak sekali orang-orang diluar sana yang mebully kota ini sebagai kota yang dikatakan “kota pinggiran” dan juga banyak sekali stigma yang mengatakan kota yang kurang peraturan pada masa dulu seperti angkutan umum yang ngetem sembarangan di pinggir jalan yang tentunya akan mengakibatkan sebuah kemacetan. Padahal sudah ada terminal yang dibuat untuk angkutan umum, tidak hanya di Depok saja namun di kota-kota besar lainnya juga sama. Untuk sekarang bagaimana keadaan pasti di jalanan kota Depok saya belum tahu, yang pasti saat ini sedang dilakukannya PPKM darurat Jawa-Bali. Dengan kebijakan itu tentunya semua mobilitas yang ada pada masyarakat dibatasi oleh pemerintah.

Baca juga :  Menyusuri Eksotisme Curug Telu Banyumas

Di sisi lain depok mempunyai segudang potensi dari mulai dari sektor usaha sampai ke sektor pariwisatanya. Ada 3 sektor yang tumbuh pada masa pandemi ini yaitu sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, dan sektor informasi dan komunikasi. Untuk sektor yang lain pada masa pandemi ada yang bergerak lambat dan juga ada yang turun, pada sektor wisata sendiri saat ini mengalami penurunan yang sangat drastis tentunya, namun di sini saya akan mencoba untuk membuat dan mengeksplorasi sisi pariwisata yang ada pada kota Depok ini.

  1. Kota dengan sebutan Kota Belimbing

Hal ini tidak heran lagi dan menjadi daya tarik sendiri untuk masyarakat luar, di mana kota ini mempunyai jenis belimbing yang sangat berkualitas yaitu belimbing Dewa. Dengan belimbing ini yang mempunyai rasa manis, segar dan cukup besar ini bisa dijadikan sebagai olahan yang menarik agar menjadi oleh-oleh khas kota Depok.

  1. Menjadi kota dengan julukan Kota Petir

Sebuah riset yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebutkan bahwa Depok mempunyai petir yang ganas, hal ini karena wilayah yang memiliki angin lembab dan angin gunung dari Bukit Barisan serta angin darat dari angin laut Kepulauan Riau dan Selat Malaka. Kekuatan petir yang besar membuat Depok masuk dalam buku rekor dunia Guiness World Record dengan catatan sebagai petir terganas di dunia.

  1. Mempunyai wisata dan sejarah religi yang tinggi
Baca juga :  Gak Lebay! Kamu Bakal Enggan Pulang Kalau Wisata Ke Blue Bay

Di kota ini adalah pertama kali berdirinya organisasi Kristen pertama yang ada di Indonesia tepatnya pada tahun 1705 yang dilakukan oleh Chastelein seorang VOC yang memiliki cita-cita membangun sebuah organisasi Kristen untuk pribumi Depok pada masa itu. Tidak hanya itu, di Depok juga ada satu tempat yang menarik yaitu Masjid Kubah Mas. Masjid Kubah Mas adalah sebuah masjid yang sangat unik di mana kubahnya terbuat dari lapisan emas 24 karat setebal 2-3 milimeter.

Rasanya tidak sabar lagi ya kawan untuk melakukan sebuah perjalanan ke kota Depok baik itu untuk alasan liburan atau lain hal. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.